Harian Haluan

Harianhaluan.com

Gagas Terobosan Ekonomi, Rizki Kurniawan Siap Maju di Pilkada Limapuluh Kota

Gagas Terobosan Ekonomi, Rizki Kurniawan Siap Maju di Pilkada Limapuluh Kota
Tokoh Muda Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri siap maju di Pilkada Limapuluh Kota mendatang. 

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Pengusaha muda asal Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri semakin gencar bergerak dan bersilaturahmi di tengah masyarakat. Hal itu menandakan keseriusannya untuk maju di Pilkada Limapuluh Kota 2020 mendatang.

"Insya Allah, saya siap maju. Silaturahmi ataupun sosialisasi ke masyarakat ini bagian dari ikhtiar menuju ke sana," ujar Rizki saat ditemui dalam kegiatan motivasi bisnis kepada generasi muda di Nagari Gurun, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu malam (3/8).

Sejak Idulfitri lalu, baliho Rizki memang sudah menyebar di berbagai sudut Luak Limopuluah. Safari politik ke berbagai tokoh serta turun langsung ke masyarakat, sudah masif dilakukannya. Bahkan, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi sebagai kepala daerah tetangga juga memberikan dukungan moril kepadanya.

Rizki bergerak maju bukannya dengan kepala kosong. Berbagai ide dan gagasan untuk memajukan Limapuluh Kota lahir dari pemikirannya. Kondisi Limapuluh Kota saat ini membuatnya tergugah untuk maju. "Pembangunan di daerah kita belum maksimal, infrastruktur tertinggal, IKK Sarilamak tidak jelas arahnya mau dijadikan seperti apa. Ini persoalan berat sekaligus menantang," ujarnya.


 

Mantan Presiden BEM UNAND itu menilai, perlu dilakukan terobosan-terobosan dalam menggerakkan roda perekonomian untuk menaikkan pendapatan masyarakat, membuka lapangan kerja, mengatasi pengangguran, dan meningkatkan PAD. "Jika hanya andalkan APBD, entah kapan persoalan-persoalan di Limapuluh Kota bisa diurai," ucap Rizki.

 

Oleh sebab itu, Rizki menggagas beberapa isu utama sebagai prioritas kebijakan bila diamanahi masyarakat sebagai bupati nanti. Di antaranya penetapan harga terendah komoditas gambir melalui perda dan mendirikan BUMD sebagai alat pemerintah yang menjamin petani dapat menjual hasil produksinya saat harga mengalami kelesuan.

 

"Kemudian membuka lahan tidak produktif yang dikelola oleh BUMD, dan menanamnya dengan komoditi unggulan yang hasilnya langsung diserap pasar Limapuluh Kota seperti jagung," tuturnya.

 

Sektor pariwisata sebagai prioritas pembangunan ekonomi juga menjadi perhatian Bos Travel itu. Dia menawarkan gagasan sederhana bagaimana meningkatkan PAD dari biaya masuk wisatawan ke objek wisata Lembah Harau. "Pertama berlakukan sistem e-tiket seiring dengan peningkatan infrastruktur, SDM, dan promosi. Dengan ini kami yakin bisa meningkatkan PAD dari biaya masuk lima kali lipat," ucap Rizki.

 

Kedua, lanjut Rizki, bagi hasil untuk dua nagari dimana objek wisata Harau itu berada yakni Nagari Tarantang dan Nagari Harau, harus ditingkatkan. "Sehingga kedua nagari tersebut juga bisa membangun dan mendapat manfaat lebih dari keberadaan objek wisata tersebut," ucapnya.

 

Sementara itu Tokoh Muda Limapuluh Kota, Zulfadli mendukung kesiapan Rizki untuk maju di Pilkada mendatang.

Selain ide dan gagasannya yang brilian, Rizki dinilai selama ini juga sudah berbuat banyak untuk masyarakat Limapuluh Kota.

 

"Dalam hal keagamaan beliau telah berbuat sesuai kemampuannya. Sejumlah garin, imam masjid, dan rumah tahfiz di Limapuluh Kota diberikan honor atau biaya operasional. Ada 7 masjid dan surau, serta 1 rumah tahfiz. Beliau berikan bantuan rutin setiap bulan Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta per masjid atau surau. Syaratnya sederhana, dirikan shalat lima waktu dan bersihkan masjid atau surau tersebut," tuturnya.

 

Menurut Zulfadli, di saat belum adanya perhatian yang serius kepada mereka, Rizki telah berbuat dan menunjukkan komitmennya untuk memberikan perhatian kepada mereka. "Karena mereka sangat besar pengaruhnya terhadap relijiusitas masyarakat dan membangun generasi yang baik pada masa mendatang," ucapnya. (h/mg-ari)

 

Reporter : Arie Alfikri /  Editor : HSP


Tags
pilkada
Ikuti kami di