Harian Haluan

Harianhaluan.com

Camat Pariaman Selatan Berganti

Camat Pariaman Selatan Berganti
WALIKOTA Pariaman, Genius Umar melantik camat dan sejumlah pejabat di lingkungan pemerintahan Kota Pariaman, di Halaman Kantor Camat Pariaman Selatan, Rabu (21/8) sore. YUHENDRA 

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Walikota Pariaman, Genius Umar menghadiri serah terima jabatan (sertijab) Camat Pariaman Selatan dari Adi Junaidi kepada Suryadi di Halaman Kantor Camat Pariaman Selatan, Rabu (21/8).

 

“Selamat kepada camat baru. Dan terima kasih terkhusus kepada camat lama Adi Junaidi beserta istri atas pengabdiannya kepada masyarakat di Kecamatan Pariaman Selatan, apa yang telah bapak lakukan semoga mendapat imbalan dan menjadi amal ibadah disisi Allah SWT,” ungkap bupati dalam sambutannya.

 

Selain camat, sekaligus dilantik Ketua TP-PKK Kecamatan Pariaman Selatan yang baru, Lurah, Pengawas Sekolah, Penilik Sekolah dan Pejabat Pengawas (eselon IV) di lingkungan Kota Pariaman.

 

Hadir juga Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman, Indriati Mardison,

Camat, Forkopimcam, Muspika, SOPD, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Pariaman Selatan.

 

“Pelantikan hari ini disertai dengan hujan, meskipun begitu acara pelantikan harus berjalan dengan kidmat walau rela basah kuyup karena hujan," kata Genius usai melantik beberapa orang pejabat tersebut.

 

Bahkan, Genius mengajak pejabat Kota Pariaman yang baru dilantik untuk mengambil pembelajaran dari hujan tersebut, Alam takambang jadi guru.

 

"Hujan ini mengajarkan kita bahwa ketika sedang hujan pejabat di Kota Pariaman itu jangan tidur, keluar dari rumah dan lihatlah saluran air apakah ada yang menutupi saluran air tersebut yang nantinya menyebabkan banjir, sehingga kita bisa mengingatkan masyarakat untuk melakukan evakuasi," katanya.

 

Ia juga mengatakan, tugas camat itu adalah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan umum, camat harus melakukan koordinasi dengan kapolsek dan juga danramil untuk memastikan bahwa jalannya pemerintahan desa dan kelurahan.

"Seorang camat juha menjamin amannya ketertiban, menjamin pelaksanaan berbagai tugas pembangunan dan juga pembinaan kemasyarakatan di level kecamatan," ujarnya.

 

Selain itu, tugas camat juga untuk mengkoordinasikan jalannya pembangunan dan pemerintahan desa yang dibiayai oleh dana desa demi kemakmuran masyarakat.

 

“Camat juga sebagai jembatan penyambung antara pemerintah kota dengan desa maupun lurah dalam rangka mewujudkan visi dan misi serta program unggulan yang telah di canangkan oleh pimpinan daerahnya," katanya. (h/mg-hen)

Reporter : Yuhendra /  Editor : HSP


Ikuti kami di