Harian Haluan

Harianhaluan.com

DPRD: Pemko Padang Agar Buru Sumber Pajak Pariwisata

DPRD: Pemko Padang Agar Buru Sumber Pajak Pariwisata
Potensi wisata pantai Padang. ADE 

PADANG, HALUANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Padang agar  terus mencari sumber baru penerimaan untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu sektor yang harus  dilirik adalah, pariwisata yang mulai berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kwara Jumat (23/8) mengatakan, sektor pariwisata diyakini potensial dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, pengembangan pariwisata juga bertujuan agar daerah tidak hanya bergantung kepada sektor pajak  yang selama ini mendominasi penerimaan ke kas daerah.
"Pemko Padang agar melakukan  gebrakan pariwisata melalui berbagai promosi maupun pengembangan destinasi wisata dengan pemenuhan sarana dan prasarana pendukung," katanya.

Langkah tersebut secara perlahan berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Padang.

Jika jumlah kunjungan wisatawan meningkat,  yang akhirnya juga memberikan dampak kepada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata setiap tahunnya.

"Penerimaan pendapatan daerah dari sektor pariwisata, sejauh ini baru dari pendapatan pajak hotel, pajak restoran dan pajak tempat hiburan yang menjadi penyumbang pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata," terangnya

Anggota DPRD Kota Padang Wismar Panjaitan mengatakan,  perubahan regulasi agar  disiapkan pemerintah agar lebih banyak kontribusi pariwisata ke kas daerah.

Salah satunya adalah,  pembaruan Perda pajak daerah dan retribusi yang akan mengakomodasi pungutan untuk setiap objek wisata yang ada di Kota Padang.

"Potensi PAD dari sektor pariwisata bisa meningkat signifikan, jika Pemko Padang  mulai memungut retribusi dari seluruh objek wisata di tersebar hampir di seluruh kecamatan di Kota Padang," tandasnya.(h/ade)

Reporter : ADE /  Editor : DNJ


Ikuti kami di