Harian Haluan

Harianhaluan.com

Hendak Memadamkan Kebakaran, Armada Damkar Pemkab Pasaman Ini Terguling

Hendak Memadamkan Kebakaran, Armada Damkar Pemkab Pasaman Ini Terguling
Mobil Damkar milik Pemkab Pasaman terguling saat memadamkan kebakaran di Beringin, Rao Selatan. YUDI 

PASAMAN,HARIANHALUAN.COM-Satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkab Pasaman terbalik saat hendak memadamkan kebakaran toko onderdil sepeda motor di Beringin, Nagari Lansekkadok Barat, Kecamatan Rao Selatan, Minggu (25/8) pukul 02.30 Wib. 

Dalam insiden ini, seorang petugas Damkar, Sakti Mangaraja Lubis mengalami luka-luka. Korban terpaksa dilarikan ke RSUD Lubuksikaping akibat luka serius yang dialami. Sementara sopir, Zulma Liadi, hanya mengalami luka ringan. 

Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Pasaman, Asmadi, mengatakan, rencananya armada damkar hendak menuju kawasan Beringin, RaoSelatan, untuk memadamkan kebakaran satu unit toko onderdil disana. Namun, baru sampai di Air Hangat, mobil mengalami oleng dan terguling di jalan.

"Betul, ditengah perjalanan mobil kita terguling di jalan raya, tepatnya di Air Hangat, Rao Selatan. Seorang petugas terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka parah," ungkap Asmadi. 

Mobil pemadam kebakaran itu, kata Asmadi, bergerak dari Posko Damkar di Tapus, Padanggelugur, begitu mendapatkan informasi adanya kebakaran di Beringin dari masyarakat, pihaknya pun menerjunkan armada damkar ke lokasi kebakaran. 

"Menindaklanjuti laporan masyarakat bahwa terjadi kebakaran di toko onderdil disana, namun dalam perjalanan, truk mengalami kecelakaan tunggal," katanya.

Asmadi pun kembali mengingatkan jajarannya, bahwa keselamatan adalah hal utama dan prioritas. Seluruh personel damkar pun diminta bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP). 

"Saya paham betul mereka bekerja tergesa-gesa dan ini adalah musibah. Kita boleh menolong orang, tetapi keamanan diri kita sendiri perlu diperhatikan. Ini menjadi pelajaran berharga buat kita semua," katanya.

Armada damkar nahas itu baru bisa dievakuasi petugas dibantu warga sekitar pukul 08.00 WIB. Seperti biasa, untuk memburu waktu, armada ini melaju cukup kencang. Diduga sopir tidak bisa mengendalikan kemudi saat melintasi jalan tidak datar dan bergelombang.

"Kendaraan dinas damkar merk Isuzu No.Pol. BA-9106-DK mengalami kerusakan kaca depan sebelah kanan pecah, kaca spion kanan patah dan pecah, dinding sebelah kanan gores-gores," ujar Kasatlantas Polres Pasaman, Iptu Julisman, melalui Kanitlaka, Aiptu Armen. 

Dari informasi yang dihimpun, Pos Damkar Tapus, menerjunkan dua unit mobil ke lokasi kejadian. Namun naas di tengah perjalanan satu uni mobil damkar mengalami kecelakaan tunggal, terbalik di daerah Air hangat Nagari Tanjung Betung, Kecamatan Rao Selatan. Sementara satu unit lainnya, dikabarkan rusak, putus tali kopling.

Api, akibat kebakaran toko onderdil YH Motor di Beringin, Rao Selatan baru dapat dipadamkan setelah satu unit mobil damkar datang dari Lubuk Sikaping. Informasi resmi mengenai musibah kebakaran tersebut, belum dapat diperoleh, karena pihak Kepolisian Polres Pasaman masih melakukan penyelidikan. (h/yud)

Reporter : YUDI /  Editor : DNJ


Ikuti kami di