Harian Haluan

Harianhaluan.com

Sertijab Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Yusnadewi Gantikan Pemut Aryo Wibowo 

Sertijab Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Yusnadewi Gantikan Pemut Aryo Wibowo 
Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan provinsi Sumbar resmi berganti. YESI 

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan provinsi Sumbar resmi berganti pada acara serah terima jabatan di Kantor BPK Sumbar Jl. Khatib Sulaiman, Kamis (4/9/2019).

Sebelumnya, Pemut Aryo Wibowo yang menjabat sebagai Kepala perwakilan sejak Juli 2017 dipindahtugaskan menjadi Kepala perwakilan BPK Sumsel. Sedangkan penggantinya di BPK Sumbar, Yusnadewi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan DI Yogyakarta.

"Saya bangga bisa bergabung di BPK Sumbar. Bisa memberikan masukan kepada gubernur itu suatu yang membanggakan," ungkap Pemut Aryo yang ditemui media sehabis acara.

Dia menambahkan, BPK Sumbar tidak merasakan kendala yang berarti dengan seluruh entitas. "Rata-rata kooperatif tidak ada kendala yang berarti. Mereka menganggap sebagai partner kerja. Pihak yang ikut membantu untuk perbaikan," kata dia.

Sementara Yusnadewi yang baru memperoleh jabatan sebagai Kaper BPK Sumbar mengatakan akan berperan sesuai visi BPK.

"Setelah ini tentu akan melanjutkan rencana dari awal tahun. Kalau ingin berperan, tentu sesuai visi BPK yang mendorong pengeluolaan penguangan secara transparan dan akuntabel," jelas Yusnadewi.

Anggota V BPK RI, Isma Yatun dipercaya memimpin acara serah terima jabatan Kepala Perwakilan tersebut.

"Proses mutasi, rotasi yang BPK lakukan merupakan proses yang alami bagi setiap organisasi. Mutasi ini, tidak hanya berdasarkan pertimbangan kebutuhan organisasi tetapi juga sebagai penyegaran  dan pendorong semangat bagi pejabat terkait," kata dia.

Pada kesempatan tersebut turut hadir sejumlah pimpinan seperti Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Walikota Padang Mahyeldi, Bupati Pessel Hendrajoni dan pejabat-pejabat lain.

"Pada acara serah terima jabatan ini, kepada Bapak Aryo Wibowo kita ucapkan selamat jalan, kepada ibu Yusnadewi kita ucapkan selamat datang. Kami yang akan diperiksa berharap, semoga kerjasama kita berjalan dengan baik demi pengelolaan keuangan Sumbar sebagaimana mestinya," kata Irwan Prayitno.

Selama menjabat sebagai Kaper, Pemut Aryo Wibowo telah berhasil mendorong pengelolaan keuangan Pemda menjadi lebih baik, terlihat dari meningkatnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada entitas di lingkungan BPK Sumbar.

Untuk tahun 2018, 20 entitas pemerintah Provinsi Kab/Kota telah meraih opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2017, sedangkan tahun sebelumnya masih ada 2 daerah yang meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas LKDP TA 2016. Di tahun 2019 sendiri, dari 20 entitas, 19 entitas meraih opini WTP dan 1 meraih opini WDP atas LKPD TA 2018.

Kaper yang baru diharapkan mampu memperkokoh keberadaan BPK di Sumbar, dan memberikan kontribusi nyata serta turut mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik. 

Selain itu pula, dapat terus membina komunikasi yang baik dengan seluruh entitas di Sumbar. (h/mg-yes)

Reporter : YESI /  Editor : DNJ


Ikuti kami di