Harian Haluan

Harianhaluan.com

Kerusuhan Papua Libatkan Aktor Luar Negeri

Kerusuhan Papua Libatkan Aktor Luar Negeri
Kerusuhan Papua beberapa waktu lalu. (Cnni) 

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Libatkan aktor oknum dari dalam dan luar negeri, kerusuhan di Papua dan Papua Barat telah dirancang hingga 1 Desember 2019 untuk menarik perhatian dunia.

Salah satu kegiatan dari agenda yang dirancang tersebut adalah dengan melakukan aksi unjuk rasa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan hal itu di Mabes Polri, Jumat (6/9/2019) seperti dikutip dari sinarharapan.

Ia menjelaskan kerusuhan yang didesain tersebut dilakukan oleh oknum dari dalam negeri dan luar negeri.

 Tujuannya adalah dibawa pada Sidang HAM yang akan berlangsung di Jenewa, Swiss, pada 9 September dan Sidang Umum PBB pada 23-24 September di New York.

"Yang mendesain ini tidak hanya di dalam negeri tapi luar negeri juga. Karena targetnya mereka tetap agenda internasional menjadi perhatian dari kelompok tersebut," ujarnya.

Dedi menyebutkan, kelompok tersebut ingin memunculkan isu-isu terkait Papua yang dapat ditarik ke pembahasan internasional.

"Agenda setting itulah yang akan mereka desain memunculkan isu-isu Papua, isu tentang HAM, isu kerusuhan, isu rasisme, itu diangkat kelompok tersebut meski enggak ada agenda tentang itu," tuturnya.

Dedi mengatakan dari sisi internasional, kelompok tersebut ingin membawanya ke sidang PBB, sedangkan untuk di dalam negeri ingin dibawa pada momentum 1 Desember.

"Itu harus betul-betul diantisipasi secara maksimal," dia menambahkan.*

 Sumber : SH /  Editor : DNJ


Ikuti kami di