Harian Haluan

Harianhaluan.com

Gudep Pramuka SDN 04 Birugo Bertolak ke Bogor

Gudep Pramuka SDN 04 Birugo Bertolak ke Bogor
Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, melepas secara resmi Gudep Pramuka SDN 04 Birugo ke Bogor, untuk mengikuti lomba di tingkat Nasional. Gatot 

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Setelah melalui tahap penilaian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kwartir Nasional (Kwarnas), Gugus Depan (Gudep) Pramuka SDN 04 Birugo Bukittinggi mewakili Provinsi Sumbar dalam lomba Gudep Unggul dan Festival Penggalang Ceria 2019  tingkat Nasional di Bogor.

Keberangkatan Gudep SDN 04 Birugo ke Bogor,  dilepas secara langsung  oleh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, didampingi Ketua Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi Yuen Karnova, Kepala Dinas Pendidikan Melfi Abra, dan pembina di Balaikota Bukittinggi, Kamis (5/9).

Kepala SDN 04 Birugo Erita mengatakan, lomba Gudep Unggul dan Festival Penggalang Ceria 2019 tingkat nasional ini, akan diikuti 34 Gudep hasil seleksi dari seluruh provinsi di Indonesia. Gudep yang  lulus seleksi ini nantinya akan bersaing untuk menjadi Gugus Depan Unggul Tingkat Nasional tahun 2019.

Sebelumnya dalam lomba Gudep Unggul dan  Festival Penggalang Ceria Tingkat Sumbar 2019, Gudep Pramuka Penggalang SDN 04 Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), terpilih sebagai Gudep terbaik pada lomba tersebut. Atas prestasi itu, maka Gudep SDN 04 Birugo mewakili Provinsi  Sumbar untuk mengikuti seleksi  lomba yang sama di tingkat nasional, yang berlangsung pada tanggal 8-13 September 2019  di Sentul Bogor Jawa Barat.

“Peserta yang akan berangkat ke Bogor sebanyak 16 orang. Mereka  terdiri dari 8 orang penggalang putra, 8 orang penggalang  putri, dan didampingi pembina. Peserta akan berkompetisi dalam 9 macam lomba keterampilan, di antaranya lomba pionering, tapak perkemahan, P3K, hasta karya, yel-yel, ketangkasan, hingga pameran. Peserta akan mengikuti lomba di Grand Mulya Bogor Resort and Convention Hotel,” kata Erita.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyampaikan,  terpilihnya SDN 04 Bukittinggi sebagai perwakilan Provinsi Sumbar pada lomba Gudep Unggul dan festival penggalang ceria ke tingkat nasional patut diapresiasi. Hal ini tentunya  berkat kerja keras dan  kebersamaan dari kepala sekolah dengan para pembinanya, mengingat pemilihan ini melalui seleksi yang cukup ketat dan harus bersaing dengan Kota Padang dan Agam.

"Selamat dan sukses untuk Gudep Pramuka SD 04 Birugo. Kita berharap Gudep SDN 04 Birugo bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional nantinya. Kita  sangat yakin, melalui pendidikan pramuka ini dapat membangun karakter anak didik seperti rasa nasionalisme, kemandirian,  tanggung jawab,  dan saling berbagi antar sesama,” ujar Ramlan.

Ia menambahkan, jadikan kesempatan ini untuk belajar serta meraih prestasi, sekaligus promosikan Kota Bukittinggi  dalam lomba  di tingkat nasional tersebut. “Apapun  hasil  yang dibawa pulang nantinya, hendaknya  dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tukas  Ramlan. (h/tot)

Reporter : Gatot /  Editor : HSP


Ikuti kami di