Harian Haluan

Harianhaluan.com

Dipimpin Syukri Iska, Gubernur Kukuhkan Organisasi HISSI Sumatera Barat

Dipimpin Syukri Iska, Gubernur Kukuhkan Organisasi HISSI Sumatera Barat
Pelantikan pengurus organisasi HISSI, Sabtu (7/9) di Gubernuran Sumbar. WINDA 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Organisasi Himpunan Ilmuan dan Sarjana Syariah Islam (HISSI) Sumatera Barat (Sumbar) Dr. H. Syukri Iska M.Ag akhirnya resmi dilantik, Sabtu (7/9) di Gubernuran Sumbar. Organisasi yang sudah berdiri sejak 2008 tersebut siap melebarkan sayap dan membentuk ranting di kabupaten kota di Sumbar.

"Hari ini (kamarin red), pengurus organisasi HISSI resmi dilantik. Setelah resmi dilantik ini, sederetan program dan langkah siap kami susun dan gagas untuk segera digerakkan. Supaya HISSI semakin dikenal dan berkembang serta memberi manfaat di tengah masyarakat," ujar Syukri usai dilantik.

Ia menuturkan, sudah memasuki tahun ke-11 HISSI masih berputar pada kepengurusan. Namun, sejak dilantik tersebut ia mengatakan akan membuat ranting serta meregistrasi secara resmi anggota disetiap daerah.

"Ke depan kami juga akan membentuk ranting atau pengurus inti disetiap kabupaten kota. Supaya mampu merekrut dan menyusun program dari kepengurusan serta jumlah anggota yang valid," tutur Syukri lagi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga mendorong supaya ilmuan syariah dapat maju dan bermanfaat di tengah masyarakat. Selain itu, diminta juga supaya HISSI bisa menjadi pembina bagi perbankan maupun suasta yang berlabel syariah.

"Kita sebut saja saat ini disetiap perbankan sudah ada syariahnya. Demikian juga dengan swasta serta komunitas dan organisasi bahkan label makanan yang bernuansakan syariah. Dengan adanya HISSI bisa menjadi penerang bagi semua ini. Sehingga HISSI bisa bermanfaat bagi orang banyak," terang Irwan.

Irwan juga menyampaikan supaya pengurus yang baru dilantik supaya segera menyusun program yang akan dijalankan dalam waktu dekat.

"Contohnya saja wisata halal yang saat ini sedang dikembangkan. Nah kami berharap para ilmuan bisa menjelaskan apa saja indikator dalam wisata halal tersebut," kata Irwan.

Dalam pelantikan tersebut juga sekaligus dilakukan seminar nasional dengan tema 'Pengembangan Produk dan Wisata Halal di Sumbar'. Diikuti dengan anggota HISSI dan mahasiswa Universitas Islam Negri (UIN) Imam Bonjol. (*)

Reporter : Winda /  Editor : DavidR


Ikuti kami di