Harian Haluan

Harianhaluan.com

Usaha Makanan Ringan Kota Pariaman Bertambah

Usaha Makanan Ringan Kota Pariaman Bertambah
GUSNIYETI ZAUNIT 

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Usaha makanan ringan di Kota Pariaman terus berkembang, termasuk soal pasar. Namun saat ini yang masih terkendala adalah soal kemasannya yang belum menarik. Untuk itu, Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman berharap pelaku usaha bisa lebih meningkatkan kemasan tersebut.

 

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit kepada Haluan, Senin (9/9) menyebut, produk usaha makanan ringan di Kota Pariaman terus bertambah dari waktu ke waktu. Dari angka yang ada, sekarang sudah hampir 800 usaha. Jumlah itu meningkat dari periode sebelumnya yang hanya dibawah angka 700-an pada tahun sebelumnya.
 

Tumbuhnya usaha tersebut sebagai sinyal bagusnya terhadap pasar untuk usaha makanan ringan, sebagai oleh-oleh ataupun sebagai santapan sore dalam keluarga.

 

Dia mengakui, soal rasa dan inovasi makanan ringan terus berkembang, seperti sala, misalnya, sudah ada dibuat ladu, namanya ladu sala dan sejumlah makanan ringan lainya, dengan rasa yang cukup menggoda selera.

Bahkan soal pasar selain untuk kebutuhan lokal, juga sudah melaju ke supermaket dan juga keluar daerah.

 

"Yang tampak perlu ditingkan oleh pengusaha makanan ringan itu adalah soal kemasan. Masih ada kemasan makananya yang masih ala kadarnya, padahal rasanya enak," kata Gusniyeti Zaunit.

 

Untuk merebut pasar yang lebih luas memang perlu rasa dan kemasan menarik, kalau rasa yang enak namun kemasan biasa saja, tentu dalam bersaing agak payah.

 

Makanya pihaknya terus menigngatkan pelaku usaha untuk meningkatkan kemasan produk, agar lebih menarik dan timbul minat orang setelah melihat lalu membelinya.

 

“Sebaiknya pelaku usaha jangan lupa pada sebuah ungkapan, dicaliak rupo dimakan raso,” sebut Kadis Perindag itu.

 

Dinas, lanjutnya, terus berupaya dengan pelatihan-pelatihan peningkatan kualitas namun lanjutanya tetap berada pada pelaku usaha.

 

Kota Pariaman sudah ramai, wisatanya terus maju dan berkembang apalagi sudah banyak iven yang digelar. Kesempatan luas untuk mendapatkan pasar secara global, selain lokal oleh pelaku usaha makanan ringan di daerah ini.

 

“Bagi pelaku usaha yang sudah punya kemasan baik dan menarik, jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas rasa. Bagi yang belum, berupayalah untuk membuatnya, sehingga dapat meraup pasar yang lebih luas,” pungkasnya. (h/tri)
 

Reporter : Trisnaldi /  Editor : HSP


Ikuti kami di