Harian Haluan

Harianhaluan.com

Bahaya Kabut Asap! Sekolah di Provinsin Riau Mulai Diliburkan

Bahaya Kabut Asap!  Sekolah di Provinsin Riau  Mulai Diliburkan
lusrasi-Sejumlah personil memadamkan Api Karhutla dengan peralatan seadanya. (dok.ist-haluan) 

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang semakin parah di Provini Riau, membuat sekolah terpaksa diliburkan demi keselamatan anak sekolah.

Meliburkan sekolah tersebut dilaksanakan berdasarkan  Instruksi dari  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau  terhitung tanggal  9 September 2019. 

Surat itu berisi agar meliburkan siswa apabila Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berkisar antara 200-299 (warna merah berarti sangat tidak sehat).

Kemudian meliburkan total semua aktivitas sekolah apabila ISPUlebih dari 300 (warna hitam berarti bahaya).

Banyak  daerah telah melaksanakan instruksi itu. Seperti di wilayah di Kabupaten Siak, Riau,  kegiatan belajar-mengajar mulai dihentikan sejak  hari ini Senin  9 September. 

Kepala Dinas Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Kabupaten Siak M. Lukman di Siak, Senin (9/9). menyatakan, peserta didik  dipulangkan dan diberikan tugas pelajaran di rumah.

"Pagi tadi kondisi kurang sehat, sebagian sudah meliburkan peserta didiknya sampai kondisi udara normal dan sehat kembali," kata Lukman  dilansir republika.

Peserta didik yang diliburkan itu meliputi wilayah Kecamatan Siak, Mempura, Dayun, Tualang, Sungai Apit, Sei Mandau, Kerinci Kanan, Bungaraya, dan Sabak Auh.*

 Sumber : ROL /  Editor : DNJ


Ikuti kami di