Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pemuda Pelopor Asal Nagari Lalan Disambangi Tim Kemenpora RI

Pemuda Pelopor Asal Nagari Lalan Disambangi Tim Kemenpora RI
Pemuda pelopor asal Nagari Lalan Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung, Yunike Filmar yang masuk nominasi penilaian pemuda pelopor tingkat nasional saat dikunjungi tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senin (9/9). AZNELDI 

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Pemuda pelopor asal Nagari Lalan Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung, Yunike Filmar yang masuk nominasi penilaian pemuda pelopor tingkat nasional dikunjungi tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senin (9/9).
Kedatangan tim fact finding (peninjauan lapangan) dipimpin, Sopti Popi Yati guna melihat langsung aktivitas yang dilakukan, Yunike Filmar dalam pengembangan madu galo-galo. 

“Kedatangan kami kesini untuk melihat lansung bagaimana Yunike Filmar dalam mengembangkan madu galo galo dan sekaligus mengajak pemuda dan masyarakat terhadap bidang yang dipeloporinya,"ucap Sopti dihadapan Bupati Yuswir Arifin, Ketua DPRD sementara, Rusdi Antoni, Kepala Dinas Parpora, Afrineldi, Kepala OPD, Camat Lubuk Tarok dan undangan lainnya.
Yunike Filmar, sambung Sopti, satu dari lima pemuda pelopor asal Sumatera Barat yang lolos seleksi administrasi tingkat nasional.Yunike Filmar sendiri  adalah pemuda pelopor bidang  pangan, pengembangan madu galo-galo.

“Semoga saja, Yunike bisa mengikuti proses penjurian atau penilai bidang yang dipeloporinya di Jakarta,” ujarnya.
Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dari Kementrian Pemuda dan Olahraga RI di Kabupaten Sijunjung.”Selamat datang di Kabupaten Sijunjung,” katanya.

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih, menyebutkan galo-galo adalah salah satu serangga yang membantu penyerbukan pertanian dan perkebunan.Selain serangga, galo-galo ini menghasilkan madu yang memiliki rasa dan aroma yang unik dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

"Kalau madu sudah banyak diolah di Indonesia, tetapi madu galo-galo ini hanya ada di Kabupaten Sijunjung,"ucap bupati peraih penghargaan Leadership Award dari Kementrian Dalam Negeri. 
Karena itu, Bupati Yuswir Arifin berharap, Yunike Filmar lolos dalam fact finding dan selajutnya mengikuti serangkaian penilaian bidang yang dipeloporinya di Jakarta.

Sementara, Yunike Filmar dalam ekspos memaparkan panjang lebar bidang yang dipeloporinya.Selain mendengar ekspos, tim fact finding juga melihat lokasi tempat pengembangan madu galo-galo. (h/azn)

Reporter : Azneldi /  Editor : HSP


Ikuti kami di