Harian Haluan

Harianhaluan.com

HMTS ITP Ajak Mahasiswa Menulis

HMTS ITP Ajak Mahasiswa Menulis
Pembukaan sosialisasi dan pelatihan penulisan proposal program kreativitas mahasiswa untuk mahasiswa dan pengurus HMTS ITP, Jumat. (ist) 

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Masih minimnya minat mahasiswa untuk terjun di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) menjadi perhatian tersendiri Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Padang (HMTS ITP). HMTS ITP melihat adanya kemalasan dari mahasiswa untuk menuangkan ide yang kreatif yang dimiliki ke dalam bentuk yang lebih konkrit.

Berangkat dari kondisi ini, HMTS-ITP menggelar rangkaian acara sosialisasi dan pelatihan penulisan proposal program kreativitas mahasiswa untuk mahasiswa dan pengurus HMTS ITP dengan tema “Menumbuhkan Kemampuan dan Keahlian Mahasiswa dalam Pengusulan Proposal PKM agar Terbentuk Mahasiswa Kreatif  Inovatif”  pada (30/9 – 2/10), di Aula ITP.

Dekan Fakultas Teknik Sipil (FTSP), DR Eng Maidiawati, sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar HMTS ITP ini. Ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan terus-menerus. Untuk jangka pendek, katanya, kegiatan ini diharapkan dapat menunjang mahasiswa sampai ke tahap pembuatan, pengelolaan, dan pengiriman proposal.

Sesuai dengan tema kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan minat mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Padang dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) agar mampu bersaing skala nasional,” katanya


Ia juga tak menampik masih minimnya minat mahasiswa dalam pembuatan proposal ilmiah. Seperti jumlah proposal yang bisa lolos pada tingkat nasional pada tahun lalu hanya dua orang yang ke tingkat nasional. Dan di tahun mendatang diharapkan agar melampui tahun-tahun sebelumnya.

“Tentu usai seminar ini mahasiswa dapat mengerti bagaimana PKM Intitut Teknologi Padang mampu menembus target Pimnas  di tahun mendatang, dan proposal-proposal penelitian ilmiah dari mahasiswa ITP bisa didanai oleh Kemenristekdikti,” katanya.

 

 

Ketua HMTS ITP Padang, Eko Hermansyah Putra, menuturkan, ide kegiatan ini berangkat dari keberhasilan dari proposal miliknya yang mampu tembus ke tingkat nasional untuk didanai oleh Kemenristekdikti. Ia berharap melalui kegiatan ini mampu membantu para mahasiswa terutama mahasiswa baru Teknik Sipil untuk lebih paham dalam pembuatan proposal ilmiah PKM.

“Memang saat ini mahasiswa ITP masih minim minat dalam PKM. Harapannya sesudah kegiatan ini berlangsung bisa menjadi awal yang baik bagi seluruh mahasiswa ITP  agar lebih kreatif dan inovatif serta mampu berpartisipasi dalam Pimnas di tahun-tahun mendatang,” kata Eko.

Seminar ini sendiri diisi oleh dua pemateri, yakni Prof Dr Dahelmi (Dosen Universitas Andalas)  dan Fajar Rusvan (Direktur CV Cipta Jaya Persada). Adapun hasil dari kegitan ini ada berbagai program rancangan dari mahasiswa yakni ada “Jambret njir” (jalan mengering berkat alat sensor banjr), “Mpu lagi ngetik surat” (lampu jalan menggunakan energi kinetik di Sumatera Barat), dan “Pelancip” (pengecoran lantai cepat dan praktis). (h/rel/isr)

Reporter : ISRA /  Sumber : REL /  Editor : DNJ


Ikuti kami di