Harian Haluan

Harianhaluan.com

Dharmawanita Kanwil Kemenag Gelar Lomba Esai dan Cerpen

Dharmawanita Kanwil Kemenag Gelar Lomba Esai dan Cerpen
Para pemenang lomba menulis esai. (Ist) 

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sumbar menggagas Lomba Menulis Esai dan Cerpen antar DWP Kab/Kota se-Sumatera Barat serta anak-anak ASN yang bersekolah di Madrasah.

Masing-masing peserta utusan Kab/Kota ataupun Kanwil yang mendaftar diberi kesempatan menulis dalam rentang 01 Juli hingga 01 September 2019 yang mana hasilnya/tulisan yang telah selesai per 01 September dikirimkan ke email panitia dan kemudian akan diteruskan ke email dewan juri untuk dinilai.

Mengenai dewan juri, ketika dikonfirmasi tim humas, Ny. Hj. Bahirni mengaku meminta bantuan dari ahlinya dalam menulis karya ilmiah maupun non ilmiah. Dari sederetan ahli yang ada, pilihan Ketua DWP dan seluruh panitia kegiatan jatuh kepada Muhammad Kosim, Dosen UIN Imam Bonjol Padang dan Ka’bati yang notabenenya seorang penulis buku dan juga wartawati handal.

Seperti yang dilaporkan Ketua Panitia Kegiatan, Ny. Happy Ufrizaldi di hadapan Plh. Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsul Arifin dan Kabag TU, H. Irwan serta pejabat eselon III dan IV saat pembukaan acara bedah cerpen serta presentasi finalis peserta Lomba Menulis Esai dan Cerpen di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar, Jum’at (4/10), peserta Lomba Esai merupakan anggota DWP Murni dan DWP ASN sedangkan peserta Lomba Cerpen merupakan anak-anak dari ASN Kemenag Sumbar yang bersekolah di Madrasah tingkat SLTP dan SLTA.


“Penilaian pada Lomba Esai memiliki dua tahapan yaitu penilaian tahap pertama esai dikirim melalui email ke dewan juri dimana akan diambil enam besar (finalis) dari seluruh peserta yang ada untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tahap final dan masing-masing peserta mempresentasikan karyanya. Berbeda dengan cerpen, karya/cerpen yang dikirimkan ke email dewan juri langsung dinilai dan hasilnya akan di umumkan pada hari ini,” jelas Ibu yang selalu happy ini.

“Disamping memperingati HAN, kegiatan bertujuan untuk membudayakan tradisi menulis di kalangan anggota DWP dan anak-anak dilingkungan Kementerian Agama serta meningkatkan motivasi dan semangat anggota lewat tulisan yang menjadi program DWP Kanwil Kemenag Sumbar,” tambahnya.

Ny. Hj. Bahirini Hendri menyampaikan terimakasihnya kepada Kakanwil Kemenag Sumbar dan seluruh jajaran serta Kakan Kemenag Kab/Kota yang telah memberikan support penuh atas segala kegiatan positif yang diinisiasi anggota Dharma Wanita Persatuan dilingkungan Kemenag Sumbar. Terimakasih juga disampaikan Ny. Rini Hendri ini kepada seluruh Ketua DWP Kanakemenag Kab/Kota yang telah mengirimkan utusannya untuk setiap cabang lomba sehingga lomba berjalan sesuai rencana dan masuk pada tahapan presentasi seperti hari ini.

“Lomba ini tidak dipungut biaya apapun. Sesibuk apapun jika ada minat untuk menulis pasti kita bisa. Baik buruknya tulisan kita tetaplah bangga karna itu merupakan karya kita sendiri. Semoga dengan kegiatan ini kita bisa termotivasi menjadi penulis handal yang akan kita turunkan ke anak cucu kita nantinya,” himbau Ibu tiga anak ini.

Selaku Plh. Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsul Arifin menyampaikan apresiasinya kepada Ketua DWP dan jajaran yang telah mengangkat kegiatan berskala provinsi ini dengan sukses dan lancar. “Kegiatan ini sangat langka dan sarat manfaat dalam menggali potensi-potensi yang ada baik di lingkungan Kanwil sendiri maupun di Kab/Kota. Masalah literasi merupakan masalah pekerjaan yang mengasyikkan jika sudah kita awali,” tambahnya memotivasi.

“Kita sangat bangga dan bersemangat menghadiri dan mensupport kegiatan-kegiatan yang bisa memancing kreatifitas, karya dan cipta seluruh DWP Murni dan ASN sehingga bisa menyalurkan inspirasi. Sangat rugi rasanya jika tidak bisa menghadiri kegiatan semacam ini,” ungkap pria yang juga menjabat Kabid Penmad ini.

“Selamat kepada ibu-ibu finalis yang akan mempresentasikan karyanya dan selamat kepada anak-anak peserta lomba cerpen yang akan diumumkan pemenangnya. Semoga memperoleh yang terbaik. Semuanya adalah pemenang dalam hal memotivasi diri. Semoga kegiatan ini diberkahi Allah SWT,” harapnya menyudahi.

Panitia menyiapkan piala, sertifikat dan hadiah untuk pemenang Juara 1, 2 dan 3 lomba cerpen dan esai. Sedangkan untuk Harapan 1, 2 dan 3 diberikan sertifikat dan hadiah. Selamat kepada para pemenang. (dn/rl)

 Sumber : Humas /  Editor : DNJ


Ikuti kami di