Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Jalur Kereta Api di Sawahlunto Akan Kembali Diaktifkan

Jalur Kereta Api di Sawahlunto Akan Kembali Diaktifkan
Museum kereta api di Sawahlunto sebagai salah satu tandan bahwa di daerah tersebut dulu terkenal sebagai pusat transportasi menggunakan kereta api. (istimewa) 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Tim dari Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama Balai Perkeretaapian Wilayah Sumbar melakukan peninjauan untuk persiapan pengaktifkan kembali jalur rel kereta api di Kota Sawahlunto. Selain peninjauan ke sejumlah titik jalur rel, tim juga melakukan pertemuan dengan Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti.

"Dari peninjauan didapati kondisi rel dan lingkungannya perlu pembersihan. Direncanakan dalam waktu dekat ini tim ahli akan segera diturunkan untuk melakukan pemetaan (mapping) di jalur sekitar rel yang akan diaktifkan kembali itu," ujar Kepala Balai Perkeretaapian Wilayah Sumbar, Suranto.

Mapping, lanjutnya, dilakukan sebagai dasar untuk melakukan pembersihan dan pembenahan jalur nantinya. Sebab, jika jalur maupun kereta api ini dapat diaktifkan kembali, harus memenuhi semua standar aturan agar aspek keselamatannya dipenuhi dan dipatuhi.

Menyambut tindak lanjut dari pihak Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama Balai Perkeretaapian Wilayah Sumbar maupun PT. Kereta Api Indonesia (PTKAI), Pemko Sawahlunto menyambut antusias dan mendukung sepenuhnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengatakan, diaktifkanya kembali jalur rel dan kereta api merupakan mimpi yang sudah lama diidam–idamkan warga Sawahlunto. Bagi Sawahlunto katanya, keberadaan kereta api sangat penting dan telah menjadi bagian kehidupan masyarakat. 

Sejak dahulu, kereta api menjadi salah satu bagian kehidupan masyarakat kota ini. Kereta api juga menjadi indikator penting lolosnya Sawahlunto sebagai world herritage versi UNESCO. Karenanya, Pemko Sawahlunto terus menyurati instansi terkait untuk membantu mengaktifkan kembali jalur rel tersebut.

"Sehingga, lokomotif uap legendaris E 1060 MAK ITAM dapat aktif lagi sebagai kereta wisata sekaligus ikon wisata herritage Sawahlunto," tutur Zohirin. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : AGE
Ikuti kami di