Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Hari Jadi Pasaman ke-74 Terasa Hambar, Warga: Kegiatannya Monoton

Hari Jadi Pasaman ke-74 Terasa Hambar, Warga: Kegiatannya Monoton
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis bersama Wagub Sumbar, Nasrul Abit diwawancara salah satu stasiun Tv usai gelaran paripurna istimewa di DPRD Pasaman. 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Perayaan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Pasaman tahun 2019 ini terasa hambar, terutama saat-saat menjelang puncak acara yang jatuh pada tanggal 8 Oktober 2019, kemarin. Kegairahan atas kelahiran sebuah pemerintahan kabupaten yang selalu mencuat tiap tahunnya kali ini tidak nampak sama sekali.

Semua terlihat datar dan biasa saja, tidak terasa istimewa. Miris, banyak warga di Pasaman yang tidak tahu kalau daerahnya ini merayakan ulang tahun. Selain minim sosialisasi, perayaan HUT Kabupaten yang dihuni sekitar 315 ribu jiwa lebih ini terasa sangat hambar. Hanya diperingati dengan gelaran Paripurna Istimewa dan kegiatan yang itu ke itu saja. 

"Perayaan Hari Jadi Kabupaten ini tidak dirasakan oleh warga di 62 nagari. Tidak ada kemeriahan di tengah masyarakat. Kemeriahan hanya tampak di pusat pemerintahan kabupaten saja. Kegiatannya pun hanya itu-itu saja," ujar salah seorang warga, Syafrizal, Rabu (9/10).

Minimnya sosialisasi kemasyarakat dan promosi di media cetak maupun elektronik ditenggarai menjadi penyebab lesunya perayaan HUT Kabupaten Pasaman di tahun ini. Ketidaktahuan sebagian warga dengan hari jadi kabupaten ini kapan, juga tidak bisa disalahkan. 

"Bisa jadi akibat sosialisasi lewat baliho maupun melalui media massa yang masih kurang. Tahun-tahun sebelumnya kan, ramai nih. Sehingga informasi itu sampai ke masyarakat. Lah, ini kan banyak masyarakat tidak tahu, bahwa 8 Oktober HUT-nya Pasaman," ungkapnya. 

Hal senada juga dilontarkan oleh seorang tokoh adat Pasaman, Amran Datuk Lelo Banso. Menurutnya, hingar bingar perayaan HUT Kabupaten Pasaman ditingkat kabupaten tidak sampai menyentuh masyarakat pinggiran di nagari-nagari.

"Silakan dicek, boleh ditanya. Masyarakat tahu tidak dengan ulang tahun kabupatennya kapan? Malah, setiap kali HUT Pasaman diperingati dengungnya tak pernah sampai ke masyarakat di pinggiran Pasaman," ujarnya. 

Hari jadi Pasaman yang dirayakan setiap 8 Oktober ini telah diperingati selama 74 tahun. Meski begitu, banyak warga Pasaman mengaku tidak mengetahui sejarah lahirnya kabupaten ini. Bahkan, mereka juga tidak mengetahui kapan HUT Kabupaten Pasaman. 

Contohnya Amira, salah seorang siswa disalah satu sekolah menengah di Pasaman. Meski ia tahu tanggal lahir Kabupaten Pasaman, namun dia tidak tahu mengapa 8 Oktober ditetapkan sebagai hari ulang tahun Pasaman. 

"Wah saya lupa pak, kenapa diperingatinya tiap tanggal 8 Oktober ya. Ada peristiwa sejarahnya sih pastinya. Tapi saya lupa apa dan bagaimana," ujarnya singkat. (h/yud)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : AGE
Ikuti kami di