Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Sadar Pengelolaan Sampah Sejak Dini, Kenapa Tidak!

Sadar Pengelolaan Sampah Sejak Dini, Kenapa Tidak!
Kepala Dinas Perkim dan LH Kabupaten Sijunjung Riki Maineldi S.STP, M.SI saat memberikan materi kepada peserta Sosialisasi Gerakan Pengurangan Reduce, Reuse dan Recycle (GPS 3R), Selasa (8/10) bagi Kepala Sekolah Dasar se Kabupaten Sijunjung di Balairung Kantor Bupati Sijunjung. 

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Aparatur Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PerkimLH) Kabupaten Sijunjung mengadakan Sosialisasi Gerakan Pengurangan Reduce, Reuse dan Recycle (GPS 3R) bagi Kepala Sekolah Dasar se-Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan di Balairung Kantor Bupati Sijunjung, Selasa 8 Oktober 2019 kemarin.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga sekolah dalam mengolah sampah di lingkungan sekolah, sehingga sampah bisa langsung diolah di sumber sampah. Kegiatan ini sendiri dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan.

Dalam sambutanya, Sekdakab Zefnihan menyebutkan bahwa sesuai dengan Undang-undang 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah dan peraturan daerah Kabupaten Sijunjung Nomor 8 tahun 2013, pengelolaan sampah harus dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat dan swasta.

Disebutkan Zefnihan, sekolah sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dapat menjadi penghasil sampah terbesar selain pasar, rumah tangga,industri dan perkantoran. "Sampah yang dihasilkan disekolah umunnya masih dikelola dengan cara yang tidak berwawasan lingkungan seperti dibakar, dibuang ke lahan kosong atau sungai," ucapnya.


Mengingat masih terbatasnya jangkauan pelayanan sampah, perlu dilakukan upaya pengurangan sampah dari sumbernya yaitu dengan melakukan upaya 3R di sekolah. Salah satu bentuk upaya 3R di sekolah adalah dengan mengadakan program Bank Sampah. 

"Terbentuknya Bank Sampah ini menunjukkan sudah adanya partisipasi warga sekolah untuk melakukan pengolahan sampah yang berwawasan lingkungan," ujarnya.

"Untuk kesinambungan dan keberlanjutan kegiatan GPS 3R di sekolah ini diharapkan kepada kita semua memulai dan melaksanakan GPS 3R dari diri kita sendiri, lingkungan rumah tangga dan lingkungan kerja mulai dari hal yang kecil dan kita mulai hari ini," harap Sekda Zefnihan.

Sementara itu, Kepala Dinas PerkimLH, Riky Maineldi Neri menyebutkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas warga sekolah untuk melakukan pengolahan sampah yang berwawasan lingkungan, mendukung GPS 3R di Kabupaten Sijunjung.

"Untuk itu peserta sosialisasi pada hari ini menghadirkan Kepala Sekolah se Kabupaten Sijunjung dan Sekolah Sekolah yang menjadi titik pantau penilaian Adipura tahun 2019," ucap Riky.

"Untuk kelancaran acara dikmaksud, kita mendatangkan Narasumber dari Asosiasi Bank Sampah Kota Padang, Syaifudin Islami S.TP, M.Si dan dari LSM Sahabat Alam Padang,  Ir.Sugianto," tutupnya. (h/ogi)

Reporter : Oghie /  Editor : AGE


Ikuti kami di