Harian Haluan

Harianhaluan.com

SMP DEK Ranah, Sekolah Digital Pertama di Kota Padang 

SMP DEK Ranah, Sekolah Digital Pertama di Kota Padang 
suasana belajar mengajar. YESI 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - SMP Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) Ranah yang berada di Jalan A.R. Hakim No. 57 Ranah Parak Rumbio menjadi sekolah digital pertama di Kota Padang.


Terus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, Nispu Mabrur Kepala sekolah SMPN DEK Ranah, mengungkapkan kegiatan pembelajaran di sekolah yang siswanya berasal dari berbagai etnis dan agama ini, telah menggunakan Tab/tablet, buku digital, dan berbagai program online. 


"Sebagai penunjang kegiatan pembelajaran di SMP DEK Ranah sudah menggunakan tab/tablet, buku digital, ulangan harian online, ujian semester online, pengerjaan soal-soal berbasis digital, hingga praktikum digital," jelas Nispu kepada Haluan, Sabtu (12/9).


Dengan adanya peningkatan digitalisasi dalam proses pembelajaran, SMP DEK Ranah terus berupaya agar meningkatkan prestasi siswa serta menjadikannya percontohan bagi sekolah lain.



Nispu Mabrur menjelaskan, meskipun SMP DEK Ranah merupakan sekolah swasta, namun keberadaannya tidak bisa diremehkan.


"Meskipun SMP DEK sekolah swasta, namun kita juga menjadi sekolah yang patut diperhitungkan para kompetitor dari segi prestasi. Terakhir salah seorang siswa berhasil menjuarai Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Porprov, juga ada prestasi-prestasi lain," kata Nispu.


Ia menambahkan, selain prestasi dari segi akademik, prestasi ekstrakulikuler juga terus difasilitasi dan diasah di SMP DEK.


"Kita tidak hanya unggul dari segi akademis, tapi dari bidang ekskul kalau kita melihat ada potensi satu saja akan kita fasilitasi. Salah satu contohnya, kemarin ada anak-anak yang berbakat dalam kesenian Biola, kita datangkan pelatih profesional, yang dapat mengasah kemampuan anaak tersebut, meskipun yang berbakat cuma satu anak itu di sekolah ini. Begitupun selanjutnya," jelas nya


Selain dari metode pembelajaran, perbedaan SMP DEK Ranaah dengan sekolah swasta lain adalah jumlah setiap siswa di dalam kelas dibuat tidak terlalu banyak sehingga siswa belajar lebih intensif. (h/mg-yes)

Reporter : Yesi /  Editor : HSP


Ikuti kami di