Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Tahun Depan Kawasan Selatan Limapuluh Kota Bakal Ada Jembatan Baru

Tahun Depan Kawasan Selatan Limapuluh Kota Bakal Ada Jembatan Baru
Darman Sahladi, anggota DPRD Sumbar serta tim dari Pemprov Sumbar cek kondisi sungai Batang Sinamar untuk rencana pembangunan tebing sungai tersebut. 

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Kabar gembira bagi masyarakat di kawasan selatan Limapuluh Kota, terutama di Kecamatan Lareh Sago Halaban. Tahun 2020 mendatang, di kecamatan yang berada di kawasan lereng Gunuang Sago tersebut bakal memiliki jembatan baru.

Jembatan itu membentang di sungai Batang Sinamar dan menghubungkan antara Jorong Kampai dengan Jorong Coran di Nagari Sitanang. "Insha Allah tahun 2020 jembatan permanen akan dibangun. Sudah dirancang di APBD Sumbar 2020," terang Darman Sahladi, Anggota DPRD Sumbar saat survey pengerjaan penahan tebing sungai Batang Sinamar baru-baru ini.

Kandidat Bupati Limapuluh Kota tersebut mengatakan, pembangunan jembatan Kampai, Sitanang tersebut sudah ada pada rancangan KUA-PPAS APBD tahun 2020 di gedung DPRD Sumbar. "Alhamdulillah, ini juga berkat dukungan semua lapisan masyarakat termasuk nagari dan pemerintah daerah," terang Darman Sahladi.

Pembangunan jembatan Kampai ini sudah jauh-jauh hari diminta masyarakat setempat ke Pemprov Sumbar. Persisnya pada 2015 lalu saat kunjungan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ke Nagari Sitanang. 


Salah seorang tokoh Nagari Sitanang, Dt Rajo Mangkuto menyebutkan, permintaan masyarakat untuk dibangunnya jembatan baru tersebut adalah dampak dari peristiwa adanya warga setempat yang tercebur ke sungai Batang Sinamar ketika melewati jembatan gantung.

"Waktu itu, kami sengaja mengundang Pak Gubernur. Saat kunjungan dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat, kami meminta untuk dibangun jembatan baru. Permintaan kami berawal dari warga yang tercebur ketika melewati jembatan lama. Kami cemas, jangan sampai ada korban yang melintas jembatan gantung yang menurut kami tidak aman lagi," ucap Datuak Rajo Mangkuto.

Saat itu juga, ucapnya, Gubernur langsung menjanjikan segera dilakukan pembangunan jembatan baru. Tapi, ucap Pengurus KAN Sitanang itu, sudah bertahun-tahun ditunggu, tak ada terlihat tanda-tanda jembatan akan dibangun.

"Sejak adanya sinyal positif dari Pak Gubernur, proposal pun kami siapkan. Kami juga sudah bolak-balik ke Padang untuk mengurus pembangunan jembatan kampai tetapi tidak ada kepastian kapan akan dibangun. Akhirnya, beberapa waktu lalu, kita minta bantuan ke Darman Sahladi sebagai anggota DPRD Sumbar untuk perjuangkan pembangunan jembatan tersebut. Alhamdulillah, mudah-mudahan 2020 mendatang pembangunan jembatan terealisiasi," ucapnya.

Datuak Rajo Mangkuto dan beberapa tokoh dari Sitanang lainnya berharap banyak ke Pemprov Sumbar untuk dibangunnya jembatan yang jauh lebih lebar dan kuat sesuai dengan isi proposal yang mereka diajukan. "Pada proposal, kita mengajukan anggaran senilai Rp12 Miliar untuk pembangunan jembatan Kampai tersebut. Sehingga, dengan jembatan baru nantinya mobil sudah bisa menyeberang," tutup Datuak Rajo Mangkuto. (h/ddg)

Reporter : Dadang Esmana /  Editor : Agoes Embun


Ikuti kami di