Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Bupati Sijunjung Lantik 35 Wali Nagari Hasil Pilwana

Bupati Sijunjung Lantik 35 Wali Nagari Hasil Pilwana
Bupati Sijunjung lantik 35 Wali Nagari. 

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin melantik 35 Wali Nagari periode 2019-2025 di gedung pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (17/10). Mereka adalah Wali Nagari terpilih hasil Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak, 4 September 2019 lalu.

Prosesi pelantikan ditandai pengucapan sumpah, penandatangan berita acara dan dilanjutkan dengan pemasangan pangkat dan tanda jabatan oleh Bupati Yuswir Arifin. Turut hadir Wakil Bupati Arrival Boy, unsur forkopimda, Sekdakab Zefinihan, kepala SKPD, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Camat, unsur forkopimca serta tamu undangan lainnya.

Di hadapan para wali nagari yang telah dilantik, Bupati Yuswir Arifin mengucapkan selamat kepada para wali nagari yang baru dilantik. “Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada wali nagari sebelumnya, termasuk penjabat wali nagari,” kata Yuswir Arifin mengawali sambutannya.

Dia juga menyatakan rasa bangga kepada warga dari 35 nagari yang telah sukses mewujudkan Pilwana demokratis dan aman.Ini, katanya, merupakan kemandirian masyarakat dalam berdemokrasi. Perbedaan pilihan saat pemilihan merupakan dinamika demokrasi.
 
”Perbedaan saat pemilihan mari kita akhiri. Sekarang rapatkan barisan dan kembali bersatu membangunan Nagari. Bak kata pepatah, biduak lalu kiambang batawik,” ucapnya.


Dikatakannya, pengelolaan keuangan dan sumber-sumber pendapatan dan kekayaan nagari hendaknya dilakukan secara lebih transparan dan akuntabel dan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Selain transparan dan akuntabel, dia juga mengingatkan Wali Nagari berhati-hati dalam mengunakan dana desa.

Bupati peraih penghargaan leadership award dari Kementrian Dalam Negeri, terus mendorong wali nagari melakukan berbagai inovasi dan pengembangan potensi yang dapat jadi ladang penghasilan bagi nagari. ”Kami tidak ingin ada wali nagari yang terkena masalah hukum,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Khamsiardi menyebutkan, para wali nagari yang dilantik ini merupakan hasil pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak, 4 September 2019 lalu. Mereka adalah Wali Nagari Muaro Hafizun, Sijunjung, Rajilis, Solok Ambah, Husni Thamrin, Silokek, Mardison, Paru, Iskandar, Pematang Panjang, Rio Suzandi, Kandang Baru, Marhalim dan Wali Nagari Durian Gadang, Yusri.

Kemudian, Wali NagariBuluh Kasok, Janwarizel Hendra, Lubuk Tarok, Zuriatman, Lalan, Martonis, Taratak Baru Utara, Fitrizal, Sinyamu, Yuarlis, Langki, Zulkarnaini, Tanjung Gadang, Prima Randu HS, Taratak Baru, Mankasbi, Pulasan, Awardi, Timbulun, Edi Susanto, Tanjung Lolo, Mulhendri dan Wali Nagari Muaro Takung, Iswadi.

Selanjutnya, Wali Nagari Aie Amo, Emel Salim, Muaro Bodi, Hendri Yandi, Mundam Sakti, Dayusmar, Padang Busuk, Aprizaldi, Sumpur Kudus Selatan, Khairul Basri, Tanjung Labuah, Aldi Nasrul,   Tanjung Bonai Aur Selatan, Abd Rahman, Silantai, Sabran, Sisawah, Restu Syamsepta, Unggan, Sisyoni Gusmanto, Sumpur Kudus, Syarijal, Tamparunggo, Endar Saputra, Kumanis, Sumiti Kamel, Bukit Bual, Otriwandi dan Wali Nagari Guguak, Zainal.

Sejalan dengan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Endra Yuswir Arifin melantik para Ketua TP PKK Nagari.Pelantikan Ketua TP PKK Nagari ini ditandai dengan pemasangan lambang PKK. (h/adv)

Reporter : Azet Piliang /  Editor : Agoes Embun


Ikuti kami di