Harian Haluan

Harianhaluan.com

Sudah 20 Kali Beraksi di Bukittinggi, Ini Dia Spesialis Penjarah Sepeda Motor

Sudah 20 Kali Beraksi di Bukittinggi,  Ini Dia  Spesialis Penjarah Sepeda Motor
Spesialis pencuri sepada motor berhasil dibekuk Tim Jatanras Polres Bukittinggi di Nagari Lingkungan Aua Kab. Pasaman Barat. IST 
BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Seorang pelaku spesialis  pencuri sepeda motor berhasil dibekuk Timsus Jatanras Polres Bukittinggi di Jalan Jalur 32 Kampung Cubadak Nagari Lingkungan Aua. Kec. Pasaman, Kab. Pasaman Barat, Rabu (16/10) malam.
 
Putra (29) panggilan Iye merupakan residivis yang sudah malang melintang di dunia kejahatan, sedikitnya  20 kali dia melakukan aksinya di wilayah hukum Polres Bukittinggi. Kemudian sepeda motor yang telah dia sikat dijual ke daerah Pasaman Barat dan Sumatera Utara.
 
Untuk menangkap bandit kelas kakap itu bukan perkara mudah, Timsus Jatanras yang dipimpin AKP Pradipta Putra Pratama membutuhkan waktu 5 hari untuk bisa menangkap pelaku.
 
"Pelaku ini licik, tidak mudah memang menangkapnya, keberadaannya sulit terpantau dia selalu berpindah pindah tempat sehingga kami kesulitan,  5 hari kami berhasil membekuknya," kata Pradipta didampinggi Wakil Ketua Jatanras Polres Bukittinggi Ipda Fikri Rahmadi di Mapolres Bukittinggi, Kamis (17/10).
 
Dalam perjalanan ke Bukittinggi tambah Pradipta, di daerah Simpang Empat pelaku berpura pura minta buang air besar, kesempatan itu dipergunakan pelaku melarikan diri, tak ingin buruan kabur terpaksa anggota melepaskan tembakan terukur ke kaki pelaku.
 
Pradipta menceritakan, penangkapan pelaku berawal dari informasi yang didapatnya pada hari Minggu (13/10) bahwa keberadaan TO terpantau daerah Air Banggih.
 
"Hari itu juga, saya bersama 4 anggota berangkat ke Air Banggih. Selama 3 hari kami di sana dan di back up oleh anggota Polsek Air Banggih, namun kehadiran kami tercium oleh pelaku sehingga dia kabur," terang Pradipta yang juga menjabat Kasat Narkoba Polres Bukittinggi. 
 
Dengan semangat pantang menyerah, Pradipta memotivasi semangat anggota yang mulai kendor, pantang pulang sebelum membawa hasil. Tim terus mengali informasi sekecil apapun, dari informasi yang diperoleh pelaku telah kabur ke rumah kerabatnya di Nagari Lingkuang Aua Kec. Pasaman.
 
Anggota tim yang telah 3 hari belum berganti baju dan tidur di gudang milik warga di Air Banggih mulai bergeser ke daerah Lingkungan Aua. Tak ingin buruannya kabur lagi, tim Jatanras Polres Bukittinggi dibantu anggota Polres Pasaman Barat mengatur strategi dengan berpura pura bertamu ke rumah kerabat pelaku di Nagari Lingkungan Aua.
 
"Akhirnya pelaku berhasil kita tangkap di rumah kerabatnya. Setelah kita introgasi, menurut pengakuannya dia telah 20 kali mencuri sepeda motor di wilayah Bukittinggi.  Saat ini pelaku telah ditahan di Polres Bukittinggi, kita akan terus mengembangkan kasus  ini," ungkap Pradipta. (*)

Reporter : YURSIL /  Editor : dodi


Ikuti kami di