Harian Haluan

Harianhaluan.com

Wajar Sekolah Libur Karena Kabut Asap, Pengamat: Kesehatan Jauh Lebih Penting

Wajar Sekolah Libur Karena Kabut Asap, Pengamat: Kesehatan Jauh Lebih Penting
Kondisi cuaca di Kabupaten Solok terpantau Haluan, Rabu (16/10). WANDI MALIN 

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Pengamat pendidikan, Yenni Hayati menanggapi kebijakan meliburkan siswa karena kabut asap yang terjadi di beberapa daerah di Sumbar adalah suatu kewajaran.

Pengamat yang juga dosen di FBS UNP ini mengatakan, kesehatan siswa jauh lebih penting."Kalau bicara dampak pasti ada ya. Apalagi meliburkan siswa pada saat akan mempersiapkan Ujian Naisonal (UN) bagi yang kelas 6 atau 9. Tapi kesehatan jauh lebih penting. Tidak ada gunanya nilai UN tinggi tapi anaknya jadi sakit-sakitan karena infeksi saluran pernafasan atau paru-paru," ucapnya kepada Haluan, Jumat (18/10).

Terkait hal tersebut ia mengatakan, diperlukan peran besar guru dan orangtua untuk mempersiapkan anak menghadapi ujian diluar pembelajaran di sekolah.

"Mengenai cara menyikapi pembelajaran yang tertinggal diperlukan peran besar guru dan orang tua. Kedua elemen ini harus bersinergi mempersiapkan anak untuk menghadapi ujian. Bisa dengan belajar mandiri di rumah, atau dengan memberikan tugas terbimbing dari guru agar waktu anak anak diliburkan tidak sia-sia," jelasnya. (*)
 


Reporter : YESI /  Editor : dodi


Ikuti kami di