Home ยป

nasional

Telkom Buka 1.000 Lowongan Kerja, Ini Posisi & Gajinya

Telkom Buka 1.000 Lowongan Kerja, Ini Posisi & Gajinya
Ilustrasi 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) berencana merekrut 1.000 karyawan baru pada 2020. Perusahaan telekomunikasi pelat merah ini akan mencari talenta terbaik di industri telekomunikasi dan teknologi informasi.
Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara mengatakan rencana perekrutan ini ditujukan untuk pengembangan bisnis perseroan di masa yang akan datang. Perusahaan juga akan membentuk unit bisnis baru bersama para talenta tersebut untuk mendorong pengembangan bisnis di masa yang akan datang.
Bahkan, Telkom tak segan menawarkan gaji hingga triple digit atau ratusan juta bahkan bisa mendapatkan saham.

Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara mengatakan ada tiga kategori utama untuk posisi calon karyawan yang akan direkrut. Ketiga posisi tersebut adalah developer, desainer, dan data analytic.

"Kalau developer kita mencari orang yang punya visi untuk melihat apa yang menjadi kebutuhan. Desainer kita cari orang yang bisa membuat produk menjadi kebutuhan. Data analytic kalau di industri telekomunikasi dan teknologi informasi membuat bagaimana data-data itu bisa bicara. Ujung-ujungnya bisa menghasilkan profit," kata Edi, saat dialog dalam Acara PowerLunch di CNBC Indonesia, Selasa (16/10/2019).

Edi menambahkan, kebijakan rekrutmen Telkom tidak hanya terbatas pada sumber daya manusia yang ada di Indonesia saja. Telkom juga akan mencari talenta terbaik di kawasan regional atau global.
"Telkom terus mencari cara best talent tidak hanya dari Indonesia saja tapi dari regional. Tapi tentunya harus sesuai dengan kultur perusahaan," katanya.
Untuk gaji, lanjut Edi, setiap kategori punya tingkatan masing-masing sesuai dengan kemampuan talenta-talenta baru dari SDM yang direkrut. Tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan gaji triple digit dan mendapatkan saham. Namun bukan saham Telkom secara langsung melainkan saham pada perusahaan yang akan dibentuk Telkom, sebagai unit bisnis baru.

"Sekarang ini era talent war, kita mencari yang terbaik. Mereka bisa dapat saham, tapi bukan saham Telkom secara langsung, tapi saham dari unit bisnis yang kita bentuk. Modelnya kan seperti itu sekarang," tambah Edi.

Alokasikan Rp 1 Triliun untuk SDM

Perusahaan juga mengalokasikan anggaran Rp 1 triliun untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk rekrutmen, pelatihan dan kegiatan lain untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM Telkom.
"Kami siapkan anggaran untuk training skill orang dan biaya untuk SDM. Dana yang disiapkan Rp 1 triliun untuk memintarkan semua orang di Telkom Group,"
Telkom menurut dia membutuhkan 1.000 orang talent untuk menutup gap sumber daya manusia bagi perusahaan yang sedang bertransformasi.
Sekedar informasi Telkom membukukan kenaikan laba bersih 27,36% semester I-2019 menjadi Rp 8,7 triliun. Sementara itu, total pendapatannya yang hanya naik 7,73% menjadi Rp 69,35 triliun.
Perusahaan mengalami penurunan pendapatan terbesar pada telepon bergerak sebesar 21% menjadi Rp 15,57 triliun. Namun, pendapatan interkoneksi naik 39,65% menjadi Rp 3,3 triliun. Lalu, pendapatan data, internet, dan jasa teknologi informatika naik 17,6% menjadi Rp 44,2 triliun. Pendapatan jaringannya naik 43,43% menjadi Rp 938 miliar. (*)

 Sumber : CNBC /  Editor : NOVA


Ikuti kami di
BERITA TERKINI

    Fatal error: Call to a member function result_array() on a non-object in /home/adminpadang/web/harianhaluan.com/public_html/application/views/barukali/detail.php on line 384