Harian Haluan

Harianhaluan.com

Dapat Uang Terima Kasih, ASN di Padang Terciduk OTT

Dapat Uang Terima Kasih, ASN di Padang Terciduk OTT
Kapolresta Padang dan jajaran saat menggelar konferensi pers penangkapan Saber Pungli. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertuga di Unit Biaya Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang ditangkap tim Sabet Pungli Kota Padang, Sabtu kemarin. 

Dari ASN tersebut, petugas mengamankan uang puluhan juta yang diduga kuat sebagai ucapan terima kasih atas pengurusan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). 

ASN berinisial JS itu tertangkap saat menerima uang 'asam' dari IZ sebagai ucapan terima kasih. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolresta Padang Kombes Yulmar Try Himawan pada gelar kasus yang digelar pada Sabtu (19/10) siang.

"Kami mengamankan uang Rp33.350.000 ribu dari tersangka sebagai ucapan terima kasih atas pengurusan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang diurus oleh tersangka IZ," papar Yulmar.


Penangkapan tersangka dilakukan di depan kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang pada Jumat (18/10) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

"Kita melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) berdasarkan laporan masyarakat tentang BPHTB yang sulit dan memerlukan waktu yang lama. Sehingga berdasarkan laporan tersebut kita melakukan penyelidikan dan mengamankan yang bersangkutan," katanya.

Yulmar menyebut akan terus mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap aliran dan adanya potensi tersangka baru.

"Dia terancam pasal 12 A dan B, kemudian pasal 5 ayat 1 dan 2 undang-undang (UU) nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi (tipikor) dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara. Tahun ini kita sudah dua kali melakukan OTT," terangnya. (*)

 Sumber : istimewa /  Editor : Agoes Embun


Ikuti kami di