Harian Haluan

Harianhaluan.com

MGMP BI MTs Tanah Datar Gelar Lomba Menulis Artikel

MGMP BI MTs Tanah Datar Gelar Lomba Menulis Artikel
Pemenang lomba menulis artikel bersama panitia dan juri. FERI MAULANA 

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -Kegiatan lomba menulis artikel digelar MGMP BI (Bahasa Indonesia)  MTs jajaran Kankemenag Tanah Datar mendapat apresiasi, serta dukungan lebih meluas dan gebyar pelaksanaannya.

Agenda itu digelar di Bukik Gombak, Minggu (20/10), hampir seratus peserta dan guru pembina hadir saat itu.

Tak hanya itu,  guru bahasa indonesia sebagai anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGPM) penuh semangat menyukseskan kegiatannya.

Kepala Kankemenag diwakili Kasi Penmad Yusmarli dan Koordinator MGMP Mulyandri saat membuka lomba menyatakan kebanggaannya menyaksikan gairah dengan motivasi berlipat peserta bersama guru untuk menyukseskan lomba pertama kali digelar, dan tak ada  MGMP lain berinovasi serupa.


"Apresiasi tinggi bagi panitia dan MGMP bahasa indonesia yang telah berupaya mengelar kegiatan dengan menumbuhkan kreatifitas dalam menyampaikan ide dan gagasan," kata Yusmarli.

Atas besarnya manfaat dan nilai kegiatan tersebut, Kasi Penmad, meminta agar lomba tahun berikutnya digelar dalam paket rekreasi di alam terbuka ke luar daerah agar ilham dan imajinasi siswa  terangsang dalam menulis.

Menurutnya, kepala madrasah patut memperhatikan kegiatan sebagai buah dari program literasi yang tengah gencar dihembuskan, sebab menulis merupakan hasil dari literasi.

"Hasil dari program Madrasah literasi adalah anak bisa menulis dengan menyusun pragraf dalam satu teks yang baik. Kedepan bila tidak ada anggaran kegiatan ini, bisa dilimpahkan pada kepala Madrasah dalam MK2S," katanya.

Dijelaskannya, kegiatan menulis merupakan hasil dari latihan dan pembinaan dari kegiatan literasi yang mesti dilakukan guru dan kepala madrasah. Sehingga program Madrasah literasi tak hanya sebagai wacana tanpa pelaksanaan.
Sementara, pemennag dari tiga tema tentang Alquran dan sukses kehidupan, budaya literasi dan pengaruh gameonline,  pertama dari MTsN 10 Tanah Datar, dua MTsN 11 Tanah Datar, ketiga MTs Lubuk Jantan, empat Darul Muhaimin, lima MTs Padang Laweh Malalo dan enam MTsN 1 Tanah Datar. (h/fma)

Reporter : FERI MAULANA /  Editor : DODI NJ


Ikuti kami di