Harian Haluan

Harianhaluan.com

Benarkah Ada Sosok Jin Ikut Hadiri Pelantikan Jokowi?

Benarkah Ada Sosok Jin Ikut Hadiri Pelantikan Jokowi?
Tangkapan layar yang diunggah netizen. 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pasangan Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di gedung MPR/DPR pada Minggu (20/10/2019). Usai pelantikan, sejumlah unggahan di media sosial turut mewarnai jalannya proses demokrasi di Indonesia itu.

Dari sekian banyak unggahan, adalah salah satu video yang diunggah akun Joko Togog Alkadzab di grup Facebook bernama "Jenderal Gatot Nurmantyo'. Dalam unggahan itu disertai narasi:

“Audzu billahi Minas syaithonir rojiim… TAMPAK Terlihat di parkiran gedung DPR … Ternyata benar2 terjadi jin ikut hadir serta dalam agenda pelantikan SAUDARA mereka JOKOWI-MA’RUF bersyukurlah kalian Wahai bangsa jin pd Allah, krn untuk suatu hikmah yg besar, Allah sembunyikan kalian bangsa JIN Dari pandangan mata bangsa Manusia, Jika tidak maka kalian akan merasakan BETAPA bisa Sangat ganasnya bangsa Manusia yaitu bani Adam. wallahu ‘alam…”

Sampai terakhir hasil tangkapan layar, video tersebut telah dibagikan lebih dari 2.000 kali.


Benarkah sosok yang terekam di video itu adalah benar-benar jin, atau unggahan tersebut bukanlah video sebenarnya?

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh anggota grup Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax, yang diunggah di laman Turnbackhoax.id, video tersebut faktanya bukanlah video yang benar-benar terjadi di parkiran gedung DPR seperti yang diklaim oleh akun sumber.

Video itu nyatanya adalah video buatan oleh youtuber asal Republik Nikaragua, JJPD Producciones. Video tersebut diunggah di chanel terverifikasi milik yang bernama JJoaquin Perez dan Jimmy Perez tersebut pada 25 Februari 2016.

Video tersebut diberi judul “Strange Creature Caugth on tape in Parking 2016” atau yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya ; “Makhluk Aneh Terperangkap dalam rekaman di Parkir 2016”.

Pada deskripsi, JJPD Producciones menuliskan keterangan sebagai berikut :

“Strange Creature Caugth on tape in Parking 2016.
A young man in a parking heading towards his car, he realize that something strange
It hides under a car, the young man takes his smartphone and starts recording all
what happened in the video (Strange Creature in Parking 2016).

Sebagaimana ditulis di laman Tirto.id, CGI atau yang dikenal sebagai Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak. (h/sua)

 Sumber : suara.com /  Editor : Heldi


Ikuti kami di