Harian Haluan

Harianhaluan.com

Gubsu Edy Rahmayadi Bagi-bagi Uang Rp 500 Ribu-Rp 1 Juta, Untuk Apa?

Gubsu Edy Rahmayadi Bagi-bagi Uang Rp 500 Ribu-Rp 1 Juta, Untuk Apa?
Edy Rahmayadi 

MEDAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 175 orang warga yang eksodus dari Wamena, Papua, tiba di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Para warga yang eksodus itu mendapat santunan Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta dari Pemprov Sumut.
Seluruh warga yang eksodus itu diterima Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi di lantai 2 kantor gubernur, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (21/10/2019). Di sana juga sudah ada penjemput dari kabupaten dan kota asal masing masing warga.
Dalam kesempatan berdialog dengan warga, Edy menanyakan berapa lama mereka sudah berada di Wamena, dan apa yang tersisa. Termasuk rencana mereka setelah tiba di Sumut. Ada yang menyatakan kehilangan uang Rp 1 juta, ada yang bilang kehilangan uang Rp 3 juta.

"Ya sudah nanti diganti Rp 500 ribu, nanti ambil," kata Edy kepada warga yang mengaku kehilangan uang Rp 1 juta akibat kerusuhan di Wamena.
Sementara bagi warga yang kehilangan Rp 3 juta, Gubernur Edy akan menggantikannya Rp 1 juta.
Para pengungsi yang pulang ini menempuh perjalanan selama 11 hari hingga tiba di Medan. Sebelumnya mereka diberangkatkan dengan kapal laut dari Jayapura menuju Tanjung Priok, Jakarta. Seterusnya dari Jakarta diberangkatkan dengan bus menuju Medan.
Dengan kepulangan 175 orang ini, maka saat ini penampungan warga asal Sumut di Jayapura, saat ini sudah kosong.
"Posko kosong, tapi ada beberapa orang yang kita pantau dia masih ikut di keluarga-keluarganya di sana," kata Edy.
(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Ikuti kami di