Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ma'ruf Amin Bertemu Raja Malaysia Sultan Abdullah, Bahas Apa?

Ma'ruf Amin Bertemu Raja Malaysia Sultan Abdullah, Bahas Apa?
Wakil Presiden Ma'ruf Amin 

TOKYO, HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar pertemuan tertutup dengan Raja Malaysia Sultan Abdullah di Jepang. Keduanya menggelar pertemuan untuk pertama kalinya.

Pertemuan digelar di Imperial Palace, Tokyo, Selasa (22/10/2019) sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Keduanya bertemu sebelum menghadiri penobatan Kaisar Naruhito.

Sultan Abdullah dan Ma'ruf Amin saling mengucapkan salam. Dari delegasi Indonesia, turut mendampingi Menteri Luar Negeri 2014-2019 Retno Marsudi dan Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar.

"Sampai (tiba) kapan?" tanya Sultan Abdullah.

"Tadi malam," jawab Ma'ruf Amin.

Pertemuan dilakukan secara tertutup untuk media. Seperti diketahui Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah resmi dipilih sebagai Raja Malaysia yang baru pada awal tahun 2019. Sultan Abdullah menggantikan Sultan Muhammad V.

Sementara itu, Oemar sudah menjelaskan inti dari pertemuan adalah pengenalan antarkepala negara tersebut. Raja Abdullah juga akan menyampaikan selamat ke Ma'ruf Amin yang baru saja dilantik.

"Lebih ke courtesy pengenalan tentunya, Pak Raja Malaysia akan menyampaikan selamat dan ingin kenal dengan Pak Wapres," jelas Oemar, Senin (21/10).


Pertemuan tersebut, menurut Oemar, akan menguatkan hubungan antara kedua negara. Oemar mengatakan hubungan antara Indonesia dan Malaysia telah terjalin sangat dekat.

"Tentu ada juga elemen dari kedua belah pihak untuk saling menguatkan hubungan bilateral antara Indonesia-Malaysia. Kita sangat dekat karena kita bersebelahan," tuturnya.
(*)

 

 

 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Ikuti kami di