Harian Haluan

Harianhaluan.com

Tolong! Jangan Gunakan Lagi Pohon untuk Beriklan

Tolong! Jangan Gunakan Lagi Pohon untuk Beriklan
Aksi kampanye cabut paku di pohon. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Komunitas pegiat lingkungan, Sumbar Hijau melakukan gerakan peduli lingkungan berupa aksi cabut paku di pohon dan kampanye peduli sampah dan penyisiran sampah di kawasan GOR Haji Agus Salim Padang sebagai wujud kepedulian melindungi pohon dari kerusakan, mulai dari pukul 06.30 hingga pukul 12.00, Minggu (27/10).

Kegiatan tersebut diikuti oleh pegiat lintas komunitas sekitar 50 orang yang berasal dari Padang dan Pariaman. Aktivis lingkungan, Pati Hariyose yang menjadi penanggung jawab kegiatan mengatakan kegiatan ini bertujuan menggugah kesadaran bertanggung jawab pada setiap lapisan masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, output yang diharapkan adalah masyarakat lebih bertanggungjawab dan peduli terhadap lingkungan, serta adanya perubahan perilaku untuk bijak dalam menyikapi masalah sampah," ucapnya kepada Haluan.

Aksi cabut paku, kata Yose dijadikan sebagai teguran kepada orang-orang yang beriklan gratis dipohon. "Kegiatan ini merupakan teguran bagi yang suka beriklan gratis di pohon. Tanpa mereka sadari paku itu bisa berdampak buruk terhadap pertumbuhan pohon pelindung, bahkan bisa menyebabkan kematian pohon," jelasnya.


Selain itu, Yose sapaan akrabnya berharap Pemko mampu menyediakan sarana bak sampah yang memadai di kawasan tersebut yang selalu ramai dikunjungi untuk berolahraga serta dipenuhi lapak pedagang kaki lima.

Ia berharap permasalahan lingkungan yang tak kunjung usai ini juga harus menjadi perhatian Pemerintah Kota dan seluruh masyarakat. 

"Terkait peraturan daerah yang sudah ada, tentunya ada pengawasan dan penindakan terhadap pelanggar. Mari sama-sama kita dukung dan kita dorong Dinas Lingkungan Hidup dan Pemerintah Kota Padang agar dapat berbuat lebih baik lagi bagi lingkungan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Mairizon dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan peduli lingkungan seperti ini sangat disambut baik oleh pemerintah.

"Kami dari DLH sangat mengharapkan kegiatan yang dimotori oleh Komunitas Sumbar Hijau ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Padang karena peran komunitas sangat dibutuhkan dalam mengampanyekan kepedulian terhadap pentingnya pengelolaan sampah dan lingkungan," ucap Mairizon. (*) 

Reporter : Yessi Swita /  Editor : Agoes Embun


Ikuti kami di