Harian Haluan

Harianhaluan.com

Jangan Berjualan di Trotoar! Kalau Tak Mau Digaruk Satpol PP Padang

Jangan Berjualan di Trotoar! Kalau Tak Mau Digaruk Satpol PP Padang
Personel Satpol PP Padang menggaruk sejumlah lapak pedagang yang membandel. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di pinggir trotoar diimbau untuk tidak meninggalkan gerobak yang mereka gunakan berdagang ditinggalkan begitu saja. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang takkan segan 'menggaruk' para PKL yang membandel, seperti yang terjadi di sejumlah ruas jalan.

"Penertiban kami lakukan di enam titik, seperti di jalan Jenderal Sudirman, Damar, Pondok, Pantai Air Manis hingga kawasan Bungus menjadi sasaran penertiban. Semua gerobak PKL yang ditinggal di atas trotoar kita amankan dan ada juga beberapa dipindahkan ke kediaman pedagang lantaran berat," kata Kabid Tibum Tranmas Satpol PP Kota Padang, Erios Rahman, Selasa (29/10).

Penertiban yang dilakukan oleh petugas berdasarkan peraturan daerah (perda) Kota Padang nomor 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibum Tranmas). Untuk menertibkan para pedagang nakal tersebut, pihaknya mengerahkan sebanyak 60 personil. 

Selain melakukan penertiban terhadap gerobak PKL, Satpol PP juga melakukan pencabutan terhadap iklan yang ditancapkan di pohon. "Kami meminta kepada masyarakat untuk tidak berjualan di fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos), seperti trotoar. Ini semua demi mewujudkan hak pejalan kaki," pungkasnya. (*)


Reporter : Mamad /  Editor : Agoes Embun


Ikuti kami di