Harian Haluan

Harianhaluan.com

Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter

Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter
Parkir meter di Padang 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gagalnya program parkir meter di Kota Padang membuat pungutan parkir manual kembali berkuasa. Namun, dalam waktu dekat pemerintah kota (pemko) akan mengambil alih dengan cara kontrak dengan petugas parkir di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Dian Fakri pada Haluan, Kamis (31/10) menegaskan bahwa akan memperjelas hitung-hitungan dengan petugas parkir tersebut. Ada tiga titik yang akan dikontrak yaitu Kawasan Permindo, dan dua titik di Kawasan Pondok.

"Dalam waktu dekat kami akan lakukan uji coba penghasilan mereka di tiga titik tersebut. Setelah itu, kami resmikan kontraknya yang menyatakan setoran mereka setiap bulannya," terang Dian.

Dian menjelaskan, setiap juru parkir akan dibebankan setoran berbeda masing-masingnya. Pasalnya tiap kawasan juga berbeda jarak dan tingkat kunjungannya.


"Bisa saja ada yang harus setor Rp1 juta per bulan kepada pemko, bahkan ada yang lebih dan bisa jadi malah kurang. Tergantung dari penghasilan mereka juga. Itu yang akan kami pantau dulu sebelum teken kontrak," ujar Dian.

Ke depan, sambung Dian, pihaknya akan melakukan kontrak dengan pihak parkir yang seharusnya bisa menambah pendapatan. Tidak hanya itu, lahan parkir yang tidak menyalahi aturan namun tidak dikelola pemko akan didata kembali.

"Kami akan lihat dulu apakah lahan tersebut tidak menyalahi seperti tidak di badan jalan, tidak di trotoar ataupun tidak di halaman parkir pertokoan orang. Itu akan kami kontrak supaya juru parkir bisa menyetor sesuai kesepakatan," tandasnya. (h/win)

Reporter : Rahma Winda /  Editor : Heldi


Ikuti kami di