Harian Haluan

Harianhaluan.com

Delapan Hari Operasi Zebra, Sat Lantas Padang Tilang 2.800 Kendaraan

Delapan Hari Operasi Zebra, Sat Lantas Padang Tilang 2.800 Kendaraan
Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya mengecek surat-surat kendaraan sopir angkot saat menggelar Operasi Zebra Singgalang 2019 di Taman Makam Pahlawan Lolong, Kamis (31/10). NASRIZAL 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 2.800 lebih surat tilang bagi pengendara jalan raya yang tidak memiliki kelengkapan dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Padang selama delapan hari pada Operasi Zebra Singgalang 2019.

Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya mengatakan, pelanggaran selama operasi didominasi kendaraan roda dua, yang tidak membawa kelengkapan surat saat mengendarai kendaraannya.

“Jika kami menemukan pelanggaran, kami tidak segan-segan untuk melakukan penindakan. Hal ini dilakukan, agar pengendara menyadari pentingnya mentaati peraturan berlalu lintas. Kemudian kebanyakan yang terjaring adalah tidak menggunakan helm, pengendara di bawah umur dan tidak melengkapi surat-surat kendaraan,” ujar Asril usai menggelar Operasi Zebra Singgalang di Jalan S Parman, tepatnya di depan Tempat Makam Pahlawan Lolong, Kamis (31/10).

Untuk hari ini (kemarin,red), kata Asril, pihaknya menggelar operasi di dua titik yang di mulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.35 WIB. Dari hasil razia tersebut telah dikeluarkan surat tilang sebanyak 70 buah dan enam unit Angkutan Kota (Angkot) dikandangkan.


“Razia yang digelar, kami dari Sat Lantas Polresta Padang bergabung dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Asril, untuk hari ini pihaknya memfokuskan untuk angkot Kota Padang, karena masih didapati sopir angkot yang ugal-ugalan. Alhasil, para sopir angkot banyak ditemukan tidak memiliki surat yang tidak sesuai dengan peruntukan.

“Dari hasil penindakan, kebanyakan sopir memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) A. Seharusnya mereka (sopir) harus memiliki SIM A Umum dan untuk persoalan KIR, nanti kita serahkan kepada dishub untuk menindaknya,” tuturnya.

Asril menambahkan, dengan digelarnya Operasi Zebra Singgalang 2019 dapat meminimalisir pelanggaran, sehingga pengendara patuh akan ketertiban berlalu lintas. “Saya berharap operasi ini dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Dan bagi warga Kota Padang, diminta lebih berhati-hati dan mematuhi aturan berlalu lintas agar dapat mengurangi resiko kecelakaan dalam berkendara,” ucapnya. (h/nas)

Reporter : Nasrizal /  Editor : Heldi


Ikuti kami di