Harian Haluan

Harianhaluan.com

Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang?

Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang?
Ilustrasi 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Permasalahan parkir masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Untuk mengatasi itu, rencananya Pemko Padang akan menjalankan parkir berlangganan di Kota Padang. 

Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, saat ini Pemko Padang masih menunggu keberhasilan dari Pemko Semarang. 

"Rencananya kita akan menerapkan apa yang telah dilakukan oleh Pemko Semarang. Sekarang kita menunggu bagaimana pelaksanaan di Semarang apa memang berhasil," katanya, kemarin.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan parkir berlangganan memang ada detail-detail yang harus disiapkan karena juga bekerja sama dengan pihak Kepolisian. Oleh sebab itu, pihaknya masih menunggu keberhasilan dari Pemko Semarang.


"Kalau berhasil, apa salahnya kita tiru dan kita terapkan di Kota Padang. InsyaAllah kalau ini berhasil di Semarang dan kita terapkan disini tidak akan ada masyarakat yang akan mengeluh karena harus sering mengeluarkan uang untuk parkir," sebutnya.

Selain itu, kata Hendri, dengan pelaksanaan ini juga akan memperkecil kemungkinan dari bocornya APBD dari retribusi parkir, sebab uang akan langsung masuk ke kas daerah.

"InsyaAllah ini juga dapat meningkatkan PAD. Nanti detailnya akan kita carikan, seperti masyarakat dari luar kota. Tapi ini masih rencana dan menunggu hasil di Semarang," katanya.

Sembari itu, kata Hendri, dirinya dengan Wali Kota Padang dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lainnya terus mencari solusi-solusi yang bisa mengatasi permasalahan parkir yang ada. 

Salah seorang warga, Rizki (34) mengatakan, permasalahan parkir harus cepar diselesaikan oleh Pemko Padang. Karena dalam satu tempat dirinya bisa mengeluarkan uang sampai Rp6 ribu untuk parkir.

"Padahal saya hanya belanja disekutar lokasi tersebut, beranjak sedikit ada tukang parkir, beranjak lagi ada lagi. Memang setiap parkir hanya dua ribu, tapi kalau sering jadinya berapa yang dikeluarkan untuk parkir," ujarnya.  (h/mg-mal)

Reporter : Akmal /  Editor : Heldi


Ikuti kami di