Harian Haluan

Harianhaluan.com

Maju Pilkada Tanah Datar, Arkadius Dt Intan Bano Mendaftar ke Gerindra

Maju Pilkada Tanah Datar, Arkadius Dt Intan Bano Mendaftar ke Gerindra
KETUA DPC Gerindra Edi Arman menyerahkan formulir pendaftaran kepada Arkadius di Sekretariat DPC di Batusangkar. FERI MAULANA 

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Tanah Datar kembali menerima pendaftaran bakal calon bupati. Kali ini Arkadius Dt Intan Bano menjadi balon ketujuh mengambil formulir dan sekaligus saat itu juga diisi dan diserahkan kembali ke pengurus DPC Gerindra, Selasa (5/11) di Batusangkar.

Arkadius yang juga merupakan Ketua Komisi II DPRD Sumbar itu, di sekretariat Gerindra diterima Ketua DPC Edi Arman didampingi Sekretaris DPC Novitra Kemala, Ketua DPRD Roni Mulyadi Dt Bungsu yang berasal dari Gerindra, anggota DPRD Sulva Hutri yang juga dari Gerindra serta pengurus DPC lainnya.

"Kita telah menerima balon bupati dan wakil bupati sejak 25 Oktober lalu dan akan dibuka hingga 15 November mendatang, sesuai hasil keputusan DPP Gerindra di pusat, seluruh daerah serentak melakukan penjaringan bakal calon ini. Kita juga melihat balon tersebut bagaimana ia menguasai RPJP daerah dan kondisi masyarakat Tanah Datar secara jelas. Pak Dt ini sudah dikenal betul masyarakat, visi misi beliau juga jelas dan terukur, ia juga menguasai tentang pertanian dan sama dengan saya karena mayoritas penduduk kita yaitu 60,8 persen merupakan petani yang mesti diprioritaskan," ujar Ketua DPC Gerindra Edi Arman.

Disebutkan, selama ini sosok seorang Arkadius telah banyak berbuat untuk masyarakat sejak tiga periode di DPRD provinsi. "Pak Datuak juga pembina saya saat menjadi Kadis Pertanian, banyak program pro rakyatnya saya jalankan dulu dengan anggaran yang cukup besar. Beliau mengusai teknologi pertanian karena latarbelakangnya dari insinyur pertanian, ini dibutuhkan Tanah Datar," ujarnya.


Sementara itu, Arkadius menyatakan tekadnya maju pada Pilkada Tanah Datar 2020 mendatang atas keinginan masyarakat dan dorongan kuat para tokoh dan perantau untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat yang lebih baik lagi.

"Saya hadir ke Gerindra untuk bersilaturahmi, saya juga politisi Demokrat, perlu menjalin silaturahmi secara maksimal dan sekaligus mendaftarkan diri untuk diusung sebagai balon buati. Tahun 2020 kita juga telah mencoba maju sebagai calon bupati, visi misi kita saat itu relevan hingga saat ini mesti sedikit disesuaikan dengan kondisi saat ini, Tanah Datar maju dalam bingkai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK) bertumpu pada ekonomi kerakyatan, ini visi sederhana saya yang akan jadi acuan dalam membangun Tanah Datar nanti," ujar Arkadius putra Sungai Tarab itu.

Ia juga bertekat jika diamanahkan masyarakat nanti, untuk berupaya maksimal meloby pusat dalam meraup anggaran meningkatkan APBD Tanah Datar, komunikasinya sudah terjalin baik ditingkat provinsi hingga ke pusat, kenapa tidak, tiga periode sebagai legislatif di DPRD Sumbar tentu menjembataninya dalam memaksimalkan membangun kemitraan dengan kementrian dan lembaga-lembaga strategis di pusat dan provinsi yang akan menjadi salah satu faktor pendukung sebagai balon bupati Tanah Datar.

"Masih banyak kelemahan kita lihat di sini, Tanah Datar sebagai kota budaya, ternyata tidak satupun tanda-tanda kebudayaan itu, Istano Basa Pagaruyung perlu peningkatan agar menjadi destinasi unggulan pariwisata kita, begitu juga Pariangan masih banyak yang mesti dibenahi, sektor pendidikan, pertanian dan pariwisata mesti menjadi prioritas kita kedepan. Kami di DPRD provinsi juga telah banyak berbuat diberbagai bidang, untuk infrastruktur utama sebagai pintu  masuk Tanah Datar, akses jalan kita benahi, diperlebar dari arah Padang Panjang, Payakumbuh, Bukittinggi, Sawahlunto dan Sijunjung, ini tentu perlu dimaksimalkan kedepan," ujar Arkadius. (h/fma)

 

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi


Ikuti kami di