Harian Haluan

Harianhaluan.com

Perkuat Kerja Sama Bilateral, Indonesia-Norwegia Gelar Dialog HAM

Perkuat Kerja Sama Bilateral, Indonesia-Norwegia Gelar Dialog HAM
Perkuat Kerja Sama Bilateral, Indonesia-Norwegia Gelar Dialog HAM. Rel. 

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Indonesia dan Norwegia terus meningkatkan kerja sama bilateral. Bertempat di Trømso, Norwegia, kedua negara kembali mengadakan Dialog Hak Asasi Manusia (HAM) yang ke-14. Pada Dialog HAM kali ini, kedua negara membahas mengenai isu HAM yang menjadi perhatian bersama kedua negara, antara lain keadilan terhadap anak-anak (juvenile justice), keamanan siber untuk anak-anak, investigative interviewing, serta kebebasan berpendapat dan kebebasan beragama. 

Dalam pertemuan tersebut, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur HAM dan Kemanusiaan Kementerian luar Negeri dan diikuti oleh Dubes RI Oslo serta perwakilan dari Kemenkopolhukam, Kementerian PPA, dan Kemenag. Sedangkan dari pihak Norwegia, delegasi pertemuan dipimpin oleh Wakil Dirjen PBB dan Kemanusiaan Kementerian Luar Negeri, dan dihadiri pula oleh perwakilan dari Kementerian Kehakiman, Pusat Studi HAM, Pusat Penyelidikan Kriminal Norwegia, dan Akademi Polisi Norwegia. 

Penyelenggaraan Dialog HAM ini mendapat tanggapan yang sangat positif dari kedua pihak. “Meskipun dalam beberapa isu Norwegia memiliki pandangan yang berbeda dengan Indonesia, namun Dialog HAM ini tetap penting untuk dilaksanakan supaya kedua negara dapat saling memantau perkembangan pemajuan HAM di kedua pihak,” ujar Kåre Stormark, Wakil Direktur Jenderal untuk PBB dan isu kemanusiaan Kemenlu Norwegia.

Dialog HAM Indonesia-Norwegia merupakan sebuah mekanisme dialog yang telah terjalin secara rutin sejak tahun 2002 guna meningkatkan kerja sama HAM kedua negara. Dalam dialog ini, kedua negara saling memberikan informasi mengenai pengalaman, best practices terkait isu HAM yang dibahas. Dalam Dialog HAM tahun ini, misalnya, kedua negara menyampaikan informasi mengenai mekanisme, teknik dan prosedur yang digunakan untuk memberantas kejahatan siber terhadap anak-anak. Selain itu kedua negara juga membahas tantangan yang dihadapi kedua negara untuk menciptakan masyarakat yang saling menghargai kebebasan berpendapat dan beragama.


Menlu Norwegia, Ine Eriksen Søreide, yang hadir di sesi penutupan juga menyambut gembira Dialog HAM Indonesia-Norwegia tahun ini. “Indonesia akan selalu menjadi mitra penting Norwegia untuk banyak isu HAM. Saya berharap agar kerja sama bilateral di bidang HAM ini dapat terus meningkat dan tidak hanya tercermin dalam kerangka bilateral saja tetapi juga dalam kerangka multilateral seperti melalui forum PBB,” pungkasnya. 

Dialog HAM Indonesia-Norwegia selanjutnya akan dilaksanakan di tahun 2020 dengan Indonesia sebagai tuan rumah. (*)

 Sumber : Rel /  Editor : Dodi


Ikuti kami di