Harian Haluan

Harianhaluan.com

DLH Padang Terus Imbau Warga Gunakan Kantong Pakai Ulang

DLH Padang Terus Imbau Warga Gunakan Kantong Pakai Ulang
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mairizon 
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sesuai Peraturan Wali Kota (Perwako) No 36 tahun 2018, setiap supermarket dilarang menyediakan kantong plastik dimulai tahun 2020. Realisasi secara menyeluruh akan mulai diberlakukan pada Desember 2020.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mairizon pada Haluan, Selasa (5/11) menuturkan bahwa, menjelang ditetapkannya peraturan tersebut pihaknya mulai mensosialisasikan di berbagai pusat perbelanjaan. Salah satu yang sudah dijambangi yaitu Plaza Andalas Padang.
 
"Kami beberapa waktu lalu sudah mensosialisasikan bahwa ke depan tidak ada penyediaan kantong plastik lagi untuk pengunjung. Pengunjung diharapkan membawa kantong yang bisa dipakai ulang jika ingin berbelanja kebutuhan di swalayan tersebut," terang Mairizon di kantornya.
 
Mairizon menyebutkan, selain sosialisasi, DLH juga telah membagikan kantong belanja kepada pengunjung yang bisa digunakan berulang. Kantong belanja tersebut merupakan hasil dari pengrajin dengan harga Rp10.000 per pc.
 
"Kami sudah bagikan juga kantong belanja tersebut yang nantinya bisa digunakan secara berulang. Dalam waktu dekat ini kami akan mensosialisasikan kembali di Basko Grand Mall," ujarnya.
 
Sosialisasi yang sudah dilakukan tersebut, sambung Mairizon, mulai menampakkan hasil. Saat ini di beberapa pusat perbelanjaan mulai berlakukan kantong belanja berbayar.
 
"Saat ini memang tahapannya seperti itu. Pengunjung dikenakan biaya jika menggunakan kantong plastik dari swalayan. Ke depan tidak ada berbayar lagi karena target kita supaya swalayan tidak menyediakan kantong plastik lagi," lanjutnya.
 
Mairizon mengimbau supaya masyarakat ikut mengurangi sampah plastik dengan membawa kantong belanja sendiri dari rumah. Kebisaan tersebut memang harus dimulai dari dini. (h/win)
 
 
 

Reporter : Rahma Winda /  Editor : Heldi


Ikuti kami di