Harian Haluan

Harianhaluan.com

DPD PAN Kabupaten Solok Resmi Buka Pendaftaran Balon Kada

DPD PAN Kabupaten Solok Resmi Buka Pendaftaran Balon Kada
Ketua Panitia pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Solok Onderus Dt Bagindo Sati didampingi Wakil Ketua Erman Jamal dan sekretaris Yusri Randu saat menggelar jumpa pers di Rumah PAN Kab. Solok di Sukarami Guguk kec. Gunung Talang, Kamis (7/11). WANDI MALIN 

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Genderang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Solok terus memunculkan harmonisasi yang menarik untuk disimak. Setelah dua partai sebelumnya Nasdem dan Gerindra membuka pendaftaran bakal calon (Balon) kepala daerah, kini giliran Partai Amanat Nasional (PAN) membuka secara resmi pendaftaran Balon Kada di daerah itu.

Ketua panitia pendaftaran balon Bupati dan wakil Bupati Solok Onderus Dt Bagindo Sati didampingi wakil ketua Drs. Erman Jamal, Sekretaris Yusri Randu di Rumah PAN Sukarami Guguak Kec. Gunung Talang, Kamis (7/11) mengatakan,  pembukaan pendaftaran itu sekaligus menindaklanjuti surat edaran dari DPW PAN Sumbar tanggal 30 Oktober 2019 yang ditindaklanjuti dengan rapat DPD PAN pada tanggal 4 Oktober tentang pembukaan pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Solok dari PAN.

“Pendaftaran Balon Kada sudah kita buka sejak hari ini dan akan kami tutup sampai tanggal 20 November 2019 di Rumah PAN Kabupaten Solok jalan Lintas Sumatera depan masjid Sukarami kec. Gunung Talang,” ujar Onderus.

Pembukaan pendaftaran itu kata dia, sekaligus menampik isu yang berkembang yang menyebutkan bahwa PAN adalah milik seseorang saja. Sementara pendaftaran itu hanya bersifat formalitas semata. “Tugas kami dibentuk adalah untuk menerima pendaftaran bakal calon kepala daerah. Kalau memang sudah diperuntukkan untuk seorang kader, untuk apa gunanya dibuka pendaftaran ini,” tegasnya.


Atas alasan itu, pihaknya membuka peluang bagi putra-putri terbaik Kabupaten Solok untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah di Kabupaten Solok, baik dari kader PAN sendiri maupun non kader. Setelah semua berkas bacalon lengkap, pihak panitia DPD PAN Kab. SOlok selanjutnya akan mengirimkan berkas tersebut ke DPP PAN melalui DPW PAN Sumbar untuk diputuskan siapa kandidat yang akan diusung oleh partai berlambang matahari terbit itu pada Pilkada 2020 nanti.

“Bagi yang telah dinyatakan melengkapi persyaratan, akan kami kirimkan berkasnya ke DPP. Namun bagi yang tidak lengkap, akan terhenti sampai di meja panitia ini. Meskipun dia adalah seorang kader. Kami akan transparan dalam hal ini,” tambah sekretaris Panitia Yusri Randu.

Sedangkan sekaitan adanya mahar politik dalam proses penjaringan bakal calon Kada di DPD PAN, Yusri membantah jika itu disebut sebagai mahar politik. Pihaknya memang memungut biaya pendaftaran sebesar Rp. 2 Juta untuk masing-masing kandidat, yang digunakan sebagai biaya administrasi dan operasional panitia selama proses penjaringan berlangsung. “Itu bukan mahar, gunanya untuk administrasi dan operasional saja. Itu juga bagian dari kelengkapan syarat pendaftaran di PAN,” ujarnya.

Sementara untuk keputusan final siapa kandidat yang akan diusung oleh PAN akan diputuskan oleh DPP PAN selepas kongres PAN yang akan digelar sekira bulan Februari atau Maret 2020 nanti. “Nanti akan ada tahapan yang mesti dilalui oleh para kandidat sebagai bagian dari penilaian. Seperti penyampaian visi dan misi dan survey. Jadwalnya masih belum ditentukan. Kami menunggu mereka yang serius untuk menggunakan PAN sebagai kendaraannya,” tambah buya Erman Jamal. (h/ndi)

Reporter : Wandi Malin /  Editor : Heldi


Ikuti kami di