Harian Haluan

Harianhaluan.com

DPRD Padang: Dishub Harus Tindak Angkot Ugal-ugalan

DPRD Padang: Dishub Harus Tindak Angkot Ugal-ugalan
Ilustrasi angkot Padang 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang minta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang rutin menggelar operasi penertiban angkot.

Sasaran penertiban,  hendaknya yang  berhenti di sembarangan tempat atau ngetem di sejumlah wilayah. Anggota   DPRD Kota Padang Nila Kartika  Jumat  (8/11)  mengatakan, Dishub agar  rutin melakukan operasi penertiban angkot setiap bulan. Tujuan lainnya, agar angkot di Kota Padang  memenuhi standar operasional dengan kelengkapan surat-surat berkendara. 

"Operasi penertiban hendaknya,  dilakukan setiap bulan bersama Polresta Kota Padang," terangnya.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan agar meliputi kelengkapan surat izin trayek angkot, surat izin pengusaha angkot, maupun surat uji Kir angkot. 


Jika ditemui angkot melanggar dan tidak memiliki kelengkapan surat tersebut,  segera diberikan surat tilang untuk mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Padang.

"Selanjutnya tugas Pengadilan Negeri Padang,  untuk menindak para pengendara angkot ini," tegasnya.

Ia  mengimbau, kepada semua pengendara angkot untuk melengkapi surat-surat yang sudah ditetapkan. 
Mengingat, dengan surat tersebut dapat diketahui kelayakan kendaraan untuk beroperasi.

Anggota DPRD Kota Padang Helmi Moesim berharap,  Satuan Lalu Lintas Polres Padang mengambil tindakan tegas terhadap laporan masyarakat terkait banyaknya angkutan umum yang nakal dan ugal-ugalan dijalan. 

“Angkot biasanya  melanggar peraturan lalu lintas seperti, menaikkan dan menurunkan penumpang di daerah terlarang, ada juga yang melanggar verboden ” katanya.

Ia menjelaskan, pelanggaran yang dilakukan oleh supir tak hanya sekedar kasat mata saja, bahkan setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, masih banyak ditemukan para supir tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM)

Terkait pribadi supir angkot supaya tidak melakukan aksi ugal-ugalan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
 Ia mengungkapkan,  kepolisian dan Dishub  memanggil para pengusaha angkot dan berkoordinasi serta memberikan wanti-wanti kepada pengusaha angkot agar memberikan penjelasan kepada supir angkot mereka

Jika masih tidak dihiraukan, polisi dan Dishub hendaknya  ambil tindakan, dan  lakukan razia khusus angkot ini. (h/ade)

Reporter : Ade Budi Kurniati /  Editor : Heldi


Ikuti kami di