Harian Haluan

Harianhaluan.com

Wawako Hendri Septa Resmikan Masjid Al Hijrah Wisma Buletin Tampat Durian

Wawako Hendri Septa Resmikan Masjid Al Hijrah Wisma Buletin Tampat Durian
Wawako Hendri Septa menyerahkan SK Pendirian Masjid Al Hijrah secara simbolis yang diterima Ketua Pengurus, Muchsinsaat acara peresmian Masjid Al Hijrah Wisma Buletin Tampat Durian, Jumat (8/19). IST 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Keinginan warga RW 15 Tampat Durian Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji Kota Padang dan sekitarnya mendirikan masjid terjawab sudah.

Jumat, 8 November 2019 kemarin, masjid yang didamba-dambakan tersebut diresmikan oleh Wakil Walikota Padang, Hendri Septa.

Warga RW 15 yang terdiri dari warga Komplek Wisma Bumi Lestari Indah dan warga sekitar Tampat Durian menyambut dengan rasa syukur atas peresmian yang ditandai penyerahan Surat Keputusan Berdiri Masjid dan Shalat Jumat perdana tersebut.


"Kami mengapresiasi warga Tampat Durian yang telah bekerja keras mendirikan Masjid. Semoga masjid yang kita cintai ini dapat berjalan fungsinya dengan baik,” ujar Wawako Hendri Septa saat peresmian yang dihadiri Camat, Muspika, Kemenag Kota Padang, Lurah dan Tokoh Masyarakat tersebut.

Wawako berharap, masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah, namun konsentrasi kita bagaimana generasi muda kita ini mencintai, meramaikan dan memakmurkan Masjid.

"Kita mesti bisa mengantisipasi pengaruh komunitas LGBT, narkoba dan yang lainnya tentunya dengan menjadikan masjid sebagai tempat melaksanakan dan menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan  keagamaan, “ujar Wawako lagi.

Ketua Pengurus Masjid Al Hijrah, H. Muchsin R, SKM., M.Kes juga menyampaikan bahwa terwujudnya peresmian ini adalah berkat kerjasama seluruh pihak. Kita berharap adanya masjid ini selain sebagai tempat ibadah juga menjadi tempat kegiatan-kegiatan umat.

Untuk itu, ada beberapa program yang akan kita tawarkan dan laksanakan di Masjid ini nantinya, yaitu  program Rang Bujang Mangaji, Ekonomi syariah dengan mendirikan koperasi syariah dan BAZ Masjid yang tentunya berasal dari swadaya jamaah dan masyarakat di sekitarnya seperti pembangunan yang sudah kita jalani selama ini. Di samping itu, kita juga akan membenahi tempat pendidikan kita seperti TPQ-TQA yang ada menjadi lebih baik dan mendukung kegiatan-kegiatannya, “ungkap Muchsin     

Ketua Panitia Peresmian, Drs.Isrul Husein juga menambahkan, terselenggaranya peresmian Masjid ini adalah berkat kerjasama pengurus, pemerintah kota Padang, masyarakat Tampat Durian dan juga panitia. Kita berharap dengan menjadi Masjid ini nantinya akan banyak lagi kegiatan-kegiatan keagamaaan yang akan dihadirkan untuk lebih syiarnya agama dan terhindarnya generasi muda kita dari pengaruh negatif. Rencana pendirian masjid oleh warga ini juga dikarenakan perkembangan program Mushala dan kegiataan keagaamaan yang selama ini sudah berjalan baik.

“Alhamdulillah, harapan Pak Wawako sudah berjalan dengan baik. Program wirid pengajian ibu dan Bapak-bapak setiap Minggunya, pendidikan TPQ-TQA bagi anak-anak, majelis taqlim, qasidah rebana dan lainnya sudah berjalan dengan baik selama ini,” ujar Isrul menambahkan.

Sementara itu, Kepala TPQ-TQA Masjid Al Hijrah, Syofiarti Siska, SS., M.Pd juga menambahkan, semoga dengan adanya masjid ini pendidikan agama anak-anak di TPQ-TQA Al Hijrah dengan Akreditasi A ini juga akan berjalan lebih baik.

“Kami bersyukur, dan sangat berterimakasih sekali kepada pengurus Masjid yang selama ini selalu mendengar keluh kesah dan senantiasa membantu kesulitan kita di TPQ sehingga prestasi anak-anak kita dalam  belajar ngaji selalu bisa kita usahakan lebih baik. Alhamdulillah, untuk tahun ini anak TPQ kita diutus mewakili Kelurahan Korong Gadang dalam bidang rebana, dan menjadi utusan tilawah tingkat kota Padang 2019 setelah berhasil meraih juara 1 dan  juara 2 tilawah  dalam lomba MTQ pada Pekan Maulid 27 Oktober yang lalu,” terangnya. (*)


 

Reporter : Ist /  Editor : DavidR


Ikuti kami di