Harian Haluan

Harianhaluan.com

60 Pelaksana Jalan dan Drainase Padang Diberi Pelatihan

60 Pelaksana Jalan dan Drainase Padang Diberi Pelatihan
Plt Dinas PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza, Wakil Ketua II LPJK Sumbar, Zidarmi, Kabid Program dan Jasa Konstruksi, Fadli Syahrial dan Kasi Pembinaan Jasa Konstruksi, Adnan saat membuka kegiatan Pelatihan dan Kursus Pelaksana Jalan dan Pelaksana Drainase, Senin (11/11) di Kyriad Bumi Minang Hotel. HELDI SATRIA 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan drainase di Kota Padang tidak akan berjalan dengan baik tanpa diikuti dengan kualitas yang handal dari sumber daya aparaturnya. Hal ini disampaikan Plt Dinas PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza saat membuka kegiatan Pelatihan dan Kursus Pelaksana Jalan dan Pelaksana Drainase, Senin (11/11) di Kyriad Bumi Minang.

“Untuk itu diperlukan adanya pelatihan dan perencanaan yang matang agar pembangunan jalan dan drainase di Kota Padang ini bisa berjalan dengan baik,” sebut Yenni Yuliza kepada wartawan.

Yenni menjelaskan, melalui pelatihan ini, diharapkan aparatur mampu merancang sistem penyaluran air dalam kota, dimana rancangan disesuaikan dengan kriteria desain dan memenuhi kaidah-kaidah yang berlaku.

Disinggung mengenai masih banyaknya drainase yang tersumbat di Kota Padang hingga menjadi salah satu penyebab utama banjir, Yenni menyebut karena Kota Padang yang berada dalam posisi alam yang flat. Dimana saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan pasang naik, maka air akan terkunci di posisi drainase.


“Kita terus melakukan pengerukan sedimen drainase secara berkala. Selain itu kita juga menyiapkan infrastruktur drainase dan rehab drainase untuk lokasi-lokasi yang rawan dan butuh pelebaran,” beber Yenni lagi.

Disisi lain, Yenni mengimbau masyarakat untuk menjaga pola dan prilaku sehat, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke saluran-saluran drainase.

Senada dengan itu, Kasi Pembinaan Jasa Konstruksi, Adnan menambahkan, dalam amanat UU Nomor 2 tahun 2017 jelas disebutkan bahwa tenaga konstruksi baik dari level atas maupun bawah harus mendapatkan sertifikasi.

“Kita sharing dengan pihak LPJK Provinsi untuk melaksanakan pelatihan dalam membina seluruh tenaga konstruksi harus bersertifikasi,” jelas Adnan.

Kabid Program dan Jasa Konstruksi, Fadli Syahrial menambahkan, Pelatihan Pelaksanaan Lapangan Drainase Perkotaan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari 30 peserta dari bagian jalan, dan 30 peserta lainnya merupakan tenaga konstruksi bagian drainase.

 

Sementara Wakil Ketua II LPJK Sumbar, Zidarmi yang turut hadir dalam acara tersebut, menyambut baik digelarnya Pelatihan dan Kursus Pelaksanaan Jalan dan Pelaksanaan Drainase Perkotaan. Pihaknya akan memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas SDM aparatur di Dinas PU Kota Padang.

“Karena itu pula, narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini mumpuni di bidangnya, bukan hanya dalam tataran teoritis tetapi juga praktik di lapangan saja,” pungkasnya. (h/hel)

 

 

 

Reporter : hel /  Editor : Heldi


Ikuti kami di