Harian Haluan

Harianhaluan.com

Hasil Mediasi Kemendagri, Anggaran Pilkada Solsel Disepakati Rp16 Miliar

Hasil Mediasi Kemendagri, Anggaran Pilkada Solsel Disepakati Rp16 Miliar
Ketua KPU Solsel, Nila Puspita bersama anggota saat melakukan penetapan DCT anggota DPRD untuk pemilu 2019, Kamis (20/9). Ilustrasi/Dok Jefli 

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-Anggaran Pilkada 2020 Solok Selatan (Solsel) disepakati Rp16 miliar. Kesepakatan anggaran Pilkada 2020 diperoleh antara KPU Solsel dengan Pemkab Solsel setelah dilakukan mediasi dengan Kemendagri RI di Jakarta.

Irwanesa, selaku Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Solsel pada Harianhaluan.com, Rabu (13/11) menyebutkan kesepakatan itu  di mediasi oleh Direktorat Bina Keuangan Daerah Kemendagri dan telah ditangani. "Selanjutnya, Pemkab Solsel menyiapkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Kemungkinan paling lambat pekan depan sudah ditandatangani oleh Bupati," katanya.

Kesepakatan hasil mediasi itu, imbuhnya disaksikan oleh perwakilan KPU RI. Sedangkan dari KPU Solsel dihadiri oleh Ketua KPU Solsel, Nila Puspita bersama salah seorang Komisioner. Dan dari Pemkab Solsel diwakili Kepala Bappeda, Yul Amri dengan Kepala BPKD, Irwanesa.

"Dari total Rp 16 miliar anggaran Pilkada 2020, pencairan untuk 2019 ini sebesar Rp 300 juta dan sisanya Rp15,7 miliar di 2020," lanjutnya.


Menurutnya, terjadi efisiensi anggaran Pilkada namun tidak mengurangi tahapan Pilkada 2020. "Misalnya, pada saat launching yang biasanya acara diisi oleh penyanyi luar Solsel, sekarang diefisensi dengan penyanyi lokal saja. Itu contohnya," ucapnya.

Sebelumnya, terjadi tolak ulur anggaran Pilkada antara KPU Solsel dengan Pemkab Solsel, belum ada kesepakatan. Dimana, Pemkab Solsel menyanggupi anggaran sebesar Rp 15 miliar dari APBD dan KPU Solsel bertahan di Rp18,5 miliar.

Terpisah, Ketua KPU Solsel, Nila Puspita membenarkan jika telah ada kesepakatan anggaran Pilkada 2020 setelah mediasi Kemendagri RI. "Selasa (12/11) sudah disepakati," tutupnya. (h/jef)

Reporter : JEFLI /  Editor : Dodi


Ikuti kami di