Harian Haluan

Harianhaluan.com

Jeff Bezos Tergusur dari Predikat Orang Terkaya di Dunia

Jeff Bezos Tergusur dari Predikat Orang Terkaya di Dunia
Jeff Bezos 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pendiri Microsoft Bill Gates merebut kursi orang terkaya di dunia dari Jeff Bezos, CEO Amazon. Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih Gates mencapai US$110 miliar atau setara Rp1.540 triliun (asumsi Rp14 ribu per dolar AS).

Ini merupakan pertama kalinya untuk Gates menduduki posisi teratas dalam dua tahun berturut-turut. Demikian dilansir CNN.com, Minggu (17/11).

Gates terdongkrak menjadi orang terkaya di dunia, setelah Bezos melaporkan laba bersih perusahaannya rontok hampir 28 persen pada kuartal ketiga tahun ini.

Di sisi lain, harga saham Microsoft meningkat 48 persen sejak awal tahun, yang membuat kantong Gates menggemuk. Ditambah lagi, bisnis yang sukses ditorehkan Gates lewat kontrak cloud-computing senilai US$10 miliar dari Pentagon.
Sementara, kekayaan Bezos susut karena ia harus membaginya dengan mantan istri, setelah keduanya resmi bercerai. Kekayaan bersih Bezos diperkirakan tersisa US$108 miliar.


Baru-baru ini Gates juga mengomentari rencana penarikan pajak kekayaan perusahaan teknologi, seperti diusulkan sejumlah kandidat politik Demokrat, termasuk Senator Elizabeth Warren.

Ia mengaku sudah membayar pajak lebih dari US$10 miliar dan tidak akan keberatan bila harus membayar pajak menjadi US$20 miliar. Ia hanya akan berpikir ulang jika dipungut pajak US$100 miliar.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA


Ikuti kami di