Harian Haluan

Harianhaluan.com

Mukerwil II di Sumbar, PPP Tawarkan Janji Politik Tanpa Mahar di Pilkada 2020

Mukerwil II di Sumbar, PPP Tawarkan Janji Politik Tanpa Mahar di Pilkada 2020
SEKJEN PPP, Asrul Sani, Plt Ketua Umum PPP, Ketua DPW PPP Sumbar, Hariadi, Sekretaris PPP Sumbar, Amora Lubis foto bersama usai pembukaan Mukerwil II DPW PPP Sumbar, Minggu (17/11) di Kriyad Bumi Minang. HELDI SATRIA 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Asrul Sani menjamin partainya tak mengenal lagi istilah mahar politik dalam perhelatan Pilkada serentak 2020 mendatang. Hal ini disampaikannya saat pembukaan Mukerwil II DPW PPP Sumbar yang dilaksanakan di Kriyad Bumi Minang, Minggu (17/11).

“Sekali lagi kita ingatkan, jangan sampai ada mahar politik dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 mendatang,” tegas Sekjen PPP, Asrul Sani saat menghadiri pembukaan Mukerwil II DPW PPP Sumbar.

Namun demikian, lanjut Asrul Sani, karena partai tidak bisa membiayai sendiri pemenangan pilkada, tentunya para calon yang diusung harus berembuk mengenai pembiayaan serta peran partai-partai pengusung sebelum diputuskan di tingkat atas. “Nanti tergantung hasil rembukan saja. Yang jelas, kita tidak mengenal istilah mahar politik,” tegasnya.

Disisi lain, Ketua DPW PPP Sumbar, Hariadi menyebut, sampai saat ini pihaknya akan mengutamakan kader internal pada pilkada 2020. Meskipun, tidak menutup kemungkinan jika nantinya partai berlambang ka'bah tersebut akan mendukung figur calon lain yang bisa diusung.


"Kalau ada kader dari internal yang kita anggap cocok dan mampu, pasrti akan kita dorong penuh. Tapi kalau ada sosok lain yang ingin mendaftar, silahkan. Kita buka pendaftaran,” sebut Hariadi kepada wartawan.

Hal senada dikatakan oleh Sekretaris DPW PPP Sumbar, Amora Lubis. Ia menyebut kalau saat ini PPP sudah membuka pendaftaran untuk pilkada kabupaten/kota maupun pilgub Sumbar 2020.

“Yang jelas untuk pilgub 2020, hingga hari Jumat (15/11) kemarin sudah ada dua nama yang mendaftar yakni Indra Catri dan Mulyadi,” ungkap Amora.

Kendati demikian, lanjut Amora, sesuai dengan jutlak DPP yang menyebut pembukaan penjaringan ini akan berlangsung samapi tanggal 31 Desember 2019 mendatang. “Kita liat saja perkembangannya. Kalau dirasa sudah cukup, tidak akan kita buka lagi, begitupun sebaliknya,” pungkas Amora sembari menyebut hingga saat ini PPP sendiri sedang berkomunikasi dengan partai-partai lain untuk berkoalisi.

Sebagaimana diketahui, Mukerwil II DPW PPP Sumbar ini dihadiri oleh Sekjen PPP, Asrul Sani, Plt Ketua Umum PPP, Ketua DPW PPP Sumbar, Hariadi, Sekretaris PPP Sumbar, Amora Lubis, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Walikota Pariaman, Genius Umar, bacalon bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir serta sejumlah kader PPP se-Sumbar. (h/hel)

 

 

 

 

Reporter : hel /  Editor : Heldi


Ikuti kami di