Harian Haluan

Harianhaluan.com

Maju Pilkada Tanah Datar, Wahyu Iramana Mulai Terjun ke Masyarakat

Maju Pilkada Tanah Datar, Wahyu Iramana Mulai Terjun ke Masyarakat
WAHYU Iramana Putra berdialog dengan pedagang di Pasar Saruaso, Batusangkar, Minggu (17/11). Ia menanyakan berbagai kondisi di pasar itu. FERI MAULANA 

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Ingin mewujudkan niatnya membangun Kabupaten Tanah Datar maju dan masyarakat sejahtera, Wahyu Iramana Putra salah satu bakal calon kepala daerah, mulai gencar bersosialisasi dengan masyarakat dan sekaligus melihat langsung realita kondisi rakyat saat ini.

Pada hari Minggu (17/11) kali ini, Wahyu Iramana Putra (WIP) sengaja berkunjung ke Balai Okok di Pasar Saruaso Kecamatan Tanjung Emas, di pasar tradisional itu, ia bertatap muka dan berdialog langsung dengan para pedagang, pengunjung pasar serta tokoh masyarakat setempat.

Di sana, WIP menanyakan berbagai keluhan pedagang, sarana pendukung dalam menggelar dagangan, omset masing-masing pedagang hingga kondisi keluarga para pedagang, relefan atau tidaknya dengan pendapatan dengan usaha yang dijalani. WIP saat itu juga berbelanja langsung kepada beberapa orang pedagang sebagai bentuk kepedulian dan kecintaanya pada emak-emak dan bapak-bapak pedagang yang ada di Balai Okok itu.

Bahkan sebagian jumlah barang yang dibeli tidak dibandingkan dengan uang yang dibayarkan saat itu, sengaja dikasih lebih dari harga semestinya.


"Masih banyak kekurangan saya lihat di pasar ini, fasilitas pendukung masih minim dan masih terdapat tenda-tenda darurat yang ditempati pedagang. Jika hujan saya prihatin dengan pedagang maupun pengunjung, mereka bisa kewalahan dan bahkan beresiko kepada dagangannya. Ini mesti ditingkatkan dan dibangun fasilitas permanen dan refresentatif agar pedagang nyaman berusaha termasuk pengunjung akan semakin ramai datang," ujar Wahyu yang digandrungi para pengunjung dan pedagang saat itu.

Salah seorang pedagang kuliner di pasar tersebut Nelsa, yang kulinernya juga dibeli Wahyu, menyebutkan di sana ia berdagang tiap satu kali seminggu dan sudah sejak lama pasar itu dijadikan tempat menjual produk-produk berbagai jenis pakanan ringan buatan sendiri. Ia menyebutkan bahwa baru kali ini menyaksikan kehadiran bakal calon pimpinan Tanah Datar yang cukup peduli.

"Memang kalau hujan turun, kami kelabakan membereskan barang-barang ini pak, atap ini hanya dari terpal, lantai pun becek jika hujan. Jual-beli pun akan sedikit bila musim hujan," ujarnya.

Selain kondisi di dalam pasar, di luar pun masih sangat minim, tempat parkir yang tersedia saat ini hanya di bahu jalan provinsi dan rawan terhadap keselamatan pengendara maupun kendaraan di sana.

Selain meninjau pasar, WIP juga menyempatkan diri melayat di Kampung Baru, ia menyaksikan prosesi pemakaman salah seorang ASN Mentawai warga Batusangkar yang meninggal dunia, pada malam sebelumnya ia juga turut serta bertakziah di Labuah Kecamatan Lima Kaum, Indra Sakti (54) keluarga besar Eri Munafri yang telah meninggal dunia pada Kamis lalu, di sana WIP menghabiskan waktunya hingga larut malam sekaligus beramah-tamah dengan warga setempat. (h/fma)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi


Ikuti kami di