Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman Resmi Ditabuh

MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman Resmi Ditabuh
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis melantik para dewan hakim MTQ ke-47 Kabupaten Pasaman 2019 di Padanggelugur. 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2019, Senin (18/11). Kegiatan tersebut digelar di Kecamatan Padanggelugur. 

Pembukaan MTQ ke-47 ini ditandai dengan pemukulan Bedug oleh Bupati, didampingi Wakil Ketua DPRD, Sekda, unsur Forkopimda dan Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, bahwa pelaksanaan MTQ merupakan komitmen pemerintah daerah bersama masyarakat dalam meningkatkan kualitas masyarakat yang Qur’ani serta meningkatkan Iman dan Taqwa masyarakat.

"Untuk itu mari kita jadikan MTQ ini sebagai momentum dalam meningkatkan syiar Islam dan mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Ia berharap bahwa perhelatan akbar MTQ tingkat kabupaten tersebut akan turut mencetak generasi Pasaman yang qur'ani. MTQ ini digelar juga dalam rangka mencari bibit unggul untuk nantinya didelegasikan dalam ajang MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat. 

"Harapan saya tentu dengan ajang MTQ ini dapat lahir bibit bibit qori qoriah terbaik asal Pasaman yang handal dan mampu bersaing di kancah yang lebih tinggi lagi nantinya," katanya. 

Ajang MTQ Tingkat Kabupaten Pasaman ke-47 diadakan mulai tanggal 18-20 November 2019. Sebanyak 13 cabang diperlombakan dalam ajang tersebut. Diantaranya, kiraat saba'ah dan tilawah dewasa, tahfiz 1 dan 5 Juz tilawah, tahfiz 1 dan 5 Juz non tilawah.

Tartil menengah dan umum, tartil dasar dan tilawah kanak-kanak, tilawah anak dan remaja, Khotbah jum'at, MFQ, Kitab Standar, Khattil Qur'an, Bintang Qasidah, MSQ dan MMIQ. Kegiatan MTQ diikuti oleh ratusan kafilah dari 12 kecamatan di Kabupaten Pasaman. (*)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Ikuti kami di