Harian Haluan

Harianhaluan.com

KAN PAUH IX Ikut Penilaian KAN Terbaik Tingkat Sumbar

KAN PAUH IX Ikut Penilaian KAN Terbaik Tingkat Sumbar
Penilaian KAN terbaik di KAN Pauh XI 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberadaan lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) sangat penting di suatu daerah. Selain menjaga adat dan menjadi pagar di suatu nagari, KAN juga berperan strategis dalam membantu program pemerintahan.

Dalam rangka penilaian KAN terbaik di Sumbar, KAN PAUH IX berhasil mewakili Kota Padang pada Penilaian KAN Terbaik Tingkat Sumbar, Senin (18/11).

Ketua Majelis Pertimbangan adat KAN Pauh, Irwan Basyir Dt Rajo Alam mengatakan, KAN merupakan suatu lembaga yang mengatur masyarakat adat di Ranah Minang. 

Ia mengapresiasi KAN Pauh IX yang selama ini mampu menciptakan keharmonisan di setiap tapian yang ada di Pauh IX.


”Ada sembilan tapian, KAN Pauh IX memiliki peran yang sangat sentral. Menjaga adat, membina anak kemenakan dan menjadi ujung tombak dalam menjaga nagari dari hal-hal negatif,” ujarnya.

Katanya, banyak terobosan yang sudah dilakukan KAN Pauh IX, salah satunya menciptakan kegiatan positif di tengah masyarakat, seperti kegiatan sipak rago, randai, silek dan kegiatan bernuansa adat lainnya.

Untuk itu, dalam penilaian tingkat provinsi tersebut, diharapkan KAN Pauh IX menjadi yang terbaik di Sumbar.

Penilaian yang dilakukan tim provinsi di Kantor KAN Pauh IX tersebut, pengurus KAN Pauh IX memaparkan program terobosan KAN, tujuan lembaga dan visi misi yang ingin dicapai. 

Turut hadir Ketua FKAN Pauh IX, Evi Yandri Rajo Budiman, seluruh ninik mamak, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Sumbar, Akral, sejumlah camat dan lurah.

Di tempat yang sama, Asisten I Pemko Padang Edi Hasyimi saat menghadiri penilaian KAN Pauh IX yang menjadi perwakilan KAN di Padang untuk penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat mengatakan pemerintahan terkecil berada di suatu nagari. 

"KAN termasuk di dalam itu, sehingga selain melayani dan menuntun anak kemenakan di suatu nagari, KAN juga memiliki sumbangsih terhadap pembangunan di suatu nagari dan daerah."

"Peran ninik mamak mengatur anak kemenakan di kaumnya. Jika peran ninik mamak sudah sesuai dengan sistem pemerintahan maka pembangunan akan berjalan sukses,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar kemajuan suatu daerah atau kota tidak mengingat keberadaan KAN di daerah tersebut.

Terkait, penilaian KAN tingkat Sumbar itu, Pemko Padang sebelumnya mengusulkan 10 kantor KAN untuk penilaian, namun dalam hal tersebut hanya KAN Pauh IX yang bisa naik ke tingkat provinsi.

”Nantinya kita berharap KAN Pauh IX menjadi yang terbaik di Sumbar,” tuturnya. (*)

Reporter : Yessi Swita /  Editor : Agoes Embun


Ikuti kami di