Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Tim Dishub Gelar Razia Gabungan di Dharmasraya

Tim Dishub Gelar Razia Gabungan di Dharmasraya
Anggota Dishub Provinsi, Dharmasraya dan anggota lantas Polres Dharmasraya lakukan interogasi terhadap sopir truk melanggar aturan dalam mengendarai kendaraan di jalan raya. BADRI. 

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Barat bersama Dishub Kabupaten Dharmasraya melakukan Razia gabungan untuk pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan mulai dari roda 20 hingga roda 4 serta pemeriksaan tonase kendaraan yang berlebih, Selasa (19/11).

Kegiatan dipusatkan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, tepatnya depan Kantor Dishub Dharmasraya itu juga dilibatkan pengelola transportasi darat III Provinsi, kemudian Pengadilan Negeri Dharmasraya, Kejaksaan Dharmasraya, Satlantas Polres Dharmasraya, Subdenpom Sijunjung, Jasa Raharja, dan lainnya ketika itu petugas gabungan terlihat lakukan pemeriksa satu persatu kendaraan yang melintas.

Pada kesempatan itu, Kasi Da Ops Dishub Sumbar, Tosriadi, juga selaku  Penanggung jawab, mengaku ke Haluan, dalam razia gabungan sudah berjalan dua hari ini semenjak hari Senen (18/11) kemaren sudah ada puluhan kendaraan ditemui melanggar aturan dalam mengendarai, terhadap pengendara yang melanggar ketika itu langsung dilakukan  inovasi sidang ditempat untuk melengkapi surat-surat kendaraannya dalam setengah jam selesai.

Dijelaskannya, Dishub ditugaskan untuk mengadakan pengawasan terhadap angkutan umum bukan orang jadi sesuai tugas pokok dishub yang merupakan bagian dari Tugas Kementerian Perhubungan RI maka dilakukan pengawasan. 

Baca Juga : Peduli Kebersihan Lingkungan, Relawan Dunsanak Mulyadi Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai
Baca Juga : Karena Belum Ada Persiapan, KPU Sumbar Tak Hadiri Sidang Sengketa Pembatalan Balon Fakhrizal-Genius Umar di Bawaslu


"Kita sudah melakukan Razia ini Selama 2 hari ditempat yang sama di Kabupaten Dharmasraya, dan sejauh ini sudah puluhan unit kendaraan yang kita temui melanggar aturan dalam berkendaraan, bagi yang melanggar kita beri pengarahan dan langsung dilakukan sidang ditempat bagi yang kena tilang,"ungkap Tosriadi.

Harapnya, setelah di lakukan Razia Gabungan ini ada efek jera bagi pelanggar, kedepan semakin berkurang pengendara yang melanggar dan hendaknya kedepan menimbulkan kesadaran masyarakat dalam menaati aturan berlalu lintas, karena keselamatan di jalan raya harus kita nomor satukan. Mungkin dengan kegiatan yang kita lakukan seperti ini bisa menciptakan masyarakat sadar hukum untuk keselamatannya dalam berkendaraan.

Selain itu, Kadis Dishub Dharmasraya Ramilus, didampingi Sekdishub Atrizal, berikan apresiasi terhadap Dishub Provinsi Sumbar telah mengabulkan permintaan untuk lakukan razia gabungan di Dharmasraya sesuai pengajuan surat permintaan di tahun 2019 ini."Ini pengalaman pertama di Dharmasraya dalam razia gabungan mudah-mudahan tidak sampai disini saja dan kedepan hubungan silaturrahmi tetap berjalan dengan baik untuk meningkatkan maupun menjaga kesadaran masyarakat terhadap hukum dan keselamatan dalam mengendarai,"harap Ramilus. (h/bdr).

loading...
Reporter : BADRI ALAINA /  Editor : DODI NJ

Ikuti kami di