Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Panutan! Kakek La Ode Wisuda Sarjana di Usia 85 Tahun

Panutan! Kakek La Ode Wisuda Sarjana di Usia 85 Tahun
Kakek La Ode Muhammad Sidik 

BUTON, HARIANHALUAN.COM - Kakek La Ode Muhammad Sidik bisa jadi panutan. Usianya yang menginjak 85 tahun tak menghentikan keinginan kuat menjadi sarjana.

Kakek La Ode mulai berkuliah di Universitas Muhammadiyah Buton, Bau-Bau, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2012. Program studi Bahasa dan Sastra Indonesia jadi pilihannya.

Namun karena kondisi kesehatan, kakek La Ode sempat mengambil cuti akademik tahun 2014.

"Tahun 2018 saya mulai mencoba menghadap kepala prodi (program studi) terutama pembimbing (menanyakan) apakah bisa saya ikut kembali atau tidak," kata kakek La Ode saat diwawancarai, Rabu (20/11/2019).

Baca Juga : Peduli Kebersihan Lingkungan, Relawan Dunsanak Mulyadi Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai
Baca Juga : Karena Belum Ada Persiapan, KPU Sumbar Tak Hadiri Sidang Sengketa Pembatalan Balon Fakhrizal-Genius Umar di Bawaslu


Dari konsultasi itu, kakek La Ode ternyata diperbolehkan melanjutkan sisa perkuliahannya. Pembimbingnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memintanya menyusun proposal dan skripsi.

"Saya ikuti petunjuknya, saya dapat melaksanakan sampai proposal saya selesai termasuk skripsi saya," tuturnya.

Petunjuk ini diikuti baik kakek La Ode dengan menyusun skripsi yang diberi judul "Mengkaji Puisi Wolio Buton dalam Sastra Indonesia". Skripsi ini diuji pada 12 Oktober 2019.

"Alhamdulillah saya dinyatakan lulus," ujar kakek La Ode.

Hingga akhirnya kakek La Ode-pensiunan guru ini-diwisuda 16 November 2019. Sebelumnya kakek La Ode menyelesaikan D3 di Universitas Halu Oleo, Kendari tahun 1998.

"Keinginan untuk lanjut lagi mungkin, sebab menurut saya dimana ada kemauan di situ ada jalan," kata kakek La Ode saat ditanya keinginannya melanjutkan program pasca-sarjana. (h/dtk)

loading...
 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Ikuti kami di