Harian Haluan

Harianhaluan.com

Masinton Minta BNN Dibubarkan, Ada Apa Ya?

Masinton Minta BNN Dibubarkan, Ada Apa Ya?
Heru Winarko 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mempertanyakan peran Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas narkoba di Indonesia dan meminta agar BNN dibubarkan saja. Kepala BNN Komjen Heru Winarko justru menjelaskan capaian kinerja yang telah dilakukan BNN selama ini.

Heru awalnya mengatakan tugas di BNN sudah dibagi dalam sejumlah klaster dan telah bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti kepolisian, TNI, dan pihak Bea-Cukai. Heru juga menyebut peran BNN dalam menangkal narkoba masuk ke Indonesia.

"Dan juga yang luar jaring-jaring informasi, dan banyak yang kita tangkap, tapi juga ditangkal. Kami menangkal bagaimana narkoba ini masuk ke Indonesia. Ini bisa kita tangkal, itu yang kita lakukan. Dan tadi kita sudah sampaikan ke DPR dan itu akan memperkuat itu," ujar Heru di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

Heru juga menjelaskan masalah asesmen yang dilakukan BNN. Menurutnya, tidak semua pengguna narkoba yang tertangkap itu divonis rehabilitasi.


"Yang ditangkap-tangkap itu kita asesmen dan dia masuk jaringan apa, bagaimana ketergantungannya. Jadi memungkinkan di sini Kepolisian, Kejaksaan, dan Kehakiman, dan Mahkamah Agung, BNN. Jadi tidak semua pengguna-pengguna itu vonisnya bisa direhabilitasi," jelasnya. (h/dtk)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi


Ikuti kami di