Harian Haluan

Harianhaluan.com

Angkie Yudistia, Penyandang Disabilitas yang Jadi Stafsus Jokowi

Angkie Yudistia, Penyandang Disabilitas yang Jadi Stafsus Jokowi
Angkie Yudistia 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan 7 staf khusus wajah baru di Istana Kepresidenan, Kamis (21/11). Salah satu yang membetot perhatian adalah sosok wanita cantik berhijab, Angkie Yudistia.

Angkie adalah disabilitas Pendiri Thisable Enterprise. Dara berusia 32 tahun itu ditunjuk sebagai juru bicara presiden bidang sosial.

Malaria Demam Tinggi
Dalam akun Facebooknya, Angkie bercerita tentang kegiatannya memotivasi para kaum disabilitas. Di akun tersebut, Angkie sedang berfoto dengan para prajurit TNI yang memiliki kekurangan di bagian tubuhnya.

"Bagaimana rasanya saat menjadi disabilitas saat mengalami kecelakaan kerja? Gak usah digambarkan dengan kata-kata yah. Sebagai abdi negara, paham betul bagaimana setiap pekerjaan memiliki resikonya. Tapi apakah kita harus menyalahkan keadaan karena tidak lagi merasa tangguh seperti sebelumnya?" tulis Angkie pada Mei 2019 lalu.


Angkie juga bercerita, dia tunarungu bukan dari lahir. Tapi melainkan karena penyakit yang menyerangnya.

"Aku pun mengalami disabilitas tidak dari lahir, karena malaria yang menyebabkan demam tinggi, membuat aku bertemu dengan hal yang tidak diinginkan sebelumnya. Tapi takdirlah yang membawa aku menjadi perempuan yang spesial," tulis Angkie.

Tidak Putus Asa
Tapi dia tidak putus asa. Justru menemukan jalan terbaik bagi hidupnya. Asalkan, berusaha memaksimalkan potensi diri yang ada.

"Kuncinya adalah menerima diri sendiri dengan cinta, memaksimalkan potensi lainnya. Hidup kita ini penuh rintangan. Jika kita berhasil melewati 1 rintangan, akan ada rintangan lain yang menunggu. Maka, kita jangan lelah untuk menjalani hidup ini," kata Angkie.

"Bapak-bapak ini adalah TNI yang mengalami kecelakaan kerja baik saat latihan ataupun hal lainnya. Melewati banyak hal terjadi, tapi tetep harus bangkit. Bulan ramadhan ini penuh makna ya, bertemu banyak orang dengan cerita yang berbeda," tulis Angkie.(*)

 Sumber : merdeka.com /  Editor : NOVA


Ikuti kami di