Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Bahayakan Keselamatan, Polisi Imbau Warga di Pasaman Tak Jemur Padi di Pinggir Jalan

Bahayakan Keselamatan, Polisi Imbau Warga di Pasaman Tak Jemur Padi di Pinggir Jalan
Tampak padi yang dijemur oleh warga menggunakan badan jalan di Tanjung Aro, Nagari Bahagia, Kecamatan Padanggelugur. (Yudhi Lubis) 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat Tanjung Aro sekitar, Nagari Bahagia Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman rupanya tidak menyadari bahaya menjemur gabah (padi) di jalan raya. Buktinya, pada Jumat (22/11), banyak warga menjemur gabah hasil panen di jalan raya lintas Sumatera (Jalinsum). 

Akibatnya hampir setengah badan jalan tertutup oleh gabah yang sengaja dijemur oleh petani tersebut.  Salah seorang warga, Ansor menjelaskan, bahwa menjemur gabah di badan jalan sudah menjadi kebiasaan warga disana setiap musim panen tiba. Bukan karena sulitnya lokasi untuk menjemur gabah tersebut. 

"Gabah yang dijemur di jalan aspal jalan raya itu kualitasnya sangat bagus, karena cepat kering," katanya. 

Salah seorang pengendara, Rulli mengeluhkan adanya aktifitas penjemuran gabah oleh warga di jalan raya. Selain mempersempit ruas jalan raya, adanya jemuran gabah itu membuat para pengendara harus ekstra hati-hati ketika melintas. "Saya (pengendara) berharap petugas menertibkan kebiasaan warga disana  yang menjemur gabah di jalan raya itu," katanya.

Baca Juga : Toshiba Say Goodbye dari Bisnis Laptop
Baca Juga : WhatsApp Siapkan Fitur Baru saat Salah Grup Ketika Kirim Pesan


Menanggapi hal itu, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pasaman, melarang warga di daerah itu menjemur padi dan komoditas pertanian lainnya di badan jalan, karena dapat membahayakan keselamatan para pengendara. Kasatlantas Polres Pasaman, Iptu Julisman mengimbau warga tidak lagi menjemur komoditas pertanian menggunakan badan jalan karena berbahaya dan menganggu Kamseltibcar lantas. 

"Nanti kita kasih tahu sama masyarakat, dengan bentuk himbauan. Yang jelas, menjemur padi di badan jalan dapat mengakibatkan laka lantas," ujar Iptu Julisman saat dihubungi, Jumat (22/11). (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Ikuti kami di